Ali Muachor, 092331027 (2014) PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH KALILANGKAP, BUMIAYU, BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (820kB) | Preview |
|
Text
Ali Muachor_PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK SISWA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sudah tidak asing lagi ketika masyarakat Indonesia melihat di media tentang tawuran antar pelajar, pembunuhan, tindakan asusila, hingga korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang marak terjadi akhir-akhir ini. Kejadian yang tidak bermoral seakan menjadi keadaan yang tidak bisa dielakkan lagi pada era modernisasi sekarang ini. Pada hakikatnya perbuatan a moral yang terjadi pada sebagian masyarakat bangsa ini merupakan tindakan sebagai sebab akibat yang salah satunya kurangnya penanaman akhlak dalam diri seseorang. Akhlak merupakan faktor utama yang harus ditanam dalam jiwa seseorang sebagai benteng pertahanan dari perbuatan yang melanggar norma-norma agama. Hal ini yang terjadi pada MI Darul Ulum Kalilangkap, Bumiayu, Brebes yang peniliti lakukan. Bahwasanya penanaman nilai-nilai akhlak terhadap siswa bertujuan membentuk siswa berakhlak mulia. Hal ini menegaskan penulis meneliti lebih lanjut melakukan penelitian tentang Bagaimana Proses Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Siswa di MI Darul Ulum Kalilangkap, Bumiayu, Brebes? Penelitian ini bersifat lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian Kepala MI Darul Ulum, guru, serta siswa MI Darul Ulum Kalilangkap dan objek penelitian Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Siswa Di MI Darul Ulum Kalilangkap, Bumiayu, Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Siswa di MI Darul Ulum Kalilangkap, Bumiayu, Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan tujuan membentuk insan mulia, berperilaku sopan santun, bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia. Dengan melalui beberapa tahapan model, metode serta media dalam proses penanaman nilai-nilai akhlak. Model yang dilakukan yaitu model secara langsung dan model tidak langsung. Sedangkan metode yang dipakai antara lain, metode bermain, cerita atau kisah, hadiah dan hukuman, keteladanan, pembiasaan, nasihat. Sementara media yang digunakan di antaranya, poster dan buku anak soleh. Kata kunci: penanaman nilai-nilai akhlak, anak usia sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 02:42 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 02:42 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1290 |
Actions (login required)
View Item |