UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI COKROAMINOTO 01 BADAKARYA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

LILIS SUSANTI, NIM. 092338130 (2014) UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI COKROAMINOTO 01 BADAKARYA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
LILIS SUSANTI_UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MI COKROAMINOTO 01 BADAKARYA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fiqih sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah memiliki peranan yang strategis dan signifikan dalam pembentukan moral, akhlak dan etika peserta didik. Ada beberapa tujuan dalam melaksanakan penelitian yang penulis laksanakan, diantaranya yaitu: 1) Untuk mengetahui kesulitan apakah yang dihadapi siswa dalam Belajar fiqih di MI Cokroaminoto 01 Badakarya Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Cokroaminoto 01 Badakarya Tahun Pelajaran 2013/2014 Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data diskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fikih yang dilaksanakan di MI Cokroaminoto Badakarnya mengalami bebrapa kesulitan, diantaranay: 1) Faktor yang Berasal dari diri siswa, Upaya guru fikih dalam mengatasi faktor kesulitan belajar yang berasal dari diri siswa adalah dengan memberikan motivasi, yaitu dengan cara memberikan Permainan sebelum menyampaikan materi pembelajaran. 2) Faktor yang berasal dari guru fikih upaya mengatasinya adalah guru fikih selalu menjelaskan kembali dan menggunakan berbagai metode yang tepat agar siswa saya tersebut paham. 3) Faktor yang berasal dari keluarga. Untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut yaitu dengan membuat Lembar kegiatan yang dikumpulkan setiap dua minggu sekali, atau semacam buku penghubung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajara Fikih.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:06
Last Modified: 30 Sep 2016 07:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item