KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 LEBAKWANGI PAGEDONGAN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SITI SUHARYANTI, NIM. 092338029 (2014) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 LEBAKWANGI PAGEDONGAN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SITI SUHARYANTI_KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 LEBAKWANGI PAGEDONGAN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Kompetensi keperibadian terkait dengan moral guru yang tercermin dalam sikap dan perilakunya. Landasan utama moral seorang guru hingga ia dapat bersikap dan berperilaku yang terpuji Dengan landasan keimanan dan ketakwaan yang kuat seorang guru dapat mengenali dan menguasai dirinya sehingga dia tidak akan bersikap angkuh, sombong dan tidak berperilaku yang tidak sesuai dengan perannya sebagai sosok pendidik. Jadi memiliki karakteristik kepribadian sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Guru akan tampil sebagai sosok yang patut “digugu” (ditaati nasehat, ucapan, perintahnya) dan “ditiru” (dicontoh sikap dan perilakunya). Kompetensi kepribadian dari seorang guru Pendidikan Agama Islam merupakan modal dasar bagi guru yang bersangkutan dalam menjalankan tugas keguruannya secara profesional. Kegiatan pendidikan pada dasarnya merupakan pengkhususan komunikasi personal antara guru dan peserta didik. Kompetensi kepribadian menunjuk perlunya struktur kepribadian dewasa yang mantap, susila, dinamik, dan bertanggung jawab. Nilai-nilai hidup yang dihayati dalam kehidupan. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI di Sekolah Dasar Negeri 1 Lebakwangi Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI dan kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Lebakwangi. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan subyek penelitian dan observasi pada saat kegiatan pembelajaran PAI berlangsung, kemudian disajikan bersifat deduktif induktif. Selanjutnya, dianalisis dengan model analisis interaktif. Dalam model ini ada tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasinya, yang dilakukan secara interaktif dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Kompetensi kepribadian guru PAI di SD Negeri 1 Lebakwangi meliputi, memiliki kepribadian yang mantap dan stabil yang indikatornya bertindak sesuai norma hukum, norma sosial, memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma, memiliki kepribadian yang dewasa, menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik yang memiliki etos kerja, memiliki kepribadian yang arif, yang ditunjukan dengan tindakan yang bermanfaat serta memajukan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak, memiliki kepribadian yang berwibawa, memiliki perilaku yang disegani, memiliki akhlak mulia, menjadi teladan dengan menampilkan yang sesuai dengan norma religius dan memiliki perilaku yang diteladani siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi kepribadian, guru PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 30 Sep 2016 06:59
Last Modified: 30 Sep 2016 06:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item