KONSEP PENDIDIKAN BERBUSANA MUSLIMAH DALAM KITAB JILBĀB AL-MAR’AH AL-MUSLIMAH FĪ AL-KITĀB WA AL-SUNAH KARYA SYAIKH MUḤAMMAD NĀṢIRUDDĪN AL-ALBĀNĪ

Deka, Fatmawati (2021) KONSEP PENDIDIKAN BERBUSANA MUSLIMAH DALAM KITAB JILBĀB AL-MAR’AH AL-MUSLIMAH FĪ AL-KITĀB WA AL-SUNAH KARYA SYAIKH MUḤAMMAD NĀṢIRUDDĪN AL-ALBĀNĪ. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Deka Fatmawati_Konsep Pendidikan Berbusana Mu..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsep berbusana muslimah merupakan gambaran tentang berpakaian muslim yang mempengaruhi perkembangan cara berpakaian wanita muslimah agar dapat hidup sesuai dengan aturan yang dapat merubah kepribadian yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membahas lebih dalam mengenai Konsep Pendidikan Berbusana Muslimah dalam Kitab Jilbāb al-Mar’ah al-Muslimah Fī al-Kitāb Wa al-Sunah karya Syekh Muḥammad Nāṣiruddīn al-Albānī. Penelitian ini merupakan jenis penelitian literer dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi, dengan sumber primernya yaitu kitab Jilbāb al-Mar’ah al-Muslimah Fī al-Kitāb Wa al-Sunah karya Syekh Muḥammad Nāṣiruddīn al-Albānī. Langkah-langkahnya yaitu, pertama, merumuskan masalah penelitian, dalam hal ini yaitu bagaimana konsep pendidikan berbusana muslimah dalam kitab Jilbāb al-Mar’ah al-Muslimah Fī al-Kitāb Wa al-Sunah karya Syekh Muḥammad Nāṣiruddīn al-Albānī. Kedua, peneliti mengambil sampel dari isi kitab. Ketiga, peneliti membuat kategori-kategori konsep pendidikan berbusana muslimah yang terkandung dalam kitab. Keempat, penliti mendeskripsikan konsep berbusana muslim berdasarkan kategori-kategori yang telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan berbusana muslimah dari kitab tersebut adalah menutup dan melindungi tubuh selain yang dikecualikan, kainnya tebal, kainnya longgar, tidak membentuk tubuh, tidak diberi wangi haruman, tidak menyerupai pakaian laki-laki, tidak menyerupai orang-orang kafir, pakaian itu tidak untuk mencari popularitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Berbusana Muslimah, Kitab Jilbāb al-Mar’ah al-Muslimah Fī al-Kitāb Wa al-Sunah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Deka Fatmawati sdri
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:36
Last Modified: 18 Feb 2022 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item