PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BENDA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS 1 ALI BIN ABI THALIB MIN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

RASINI, NIM. 1123306183 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BENDA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS 1 ALI BIN ABI THALIB MIN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
RASINI_PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI BENDA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS 1 ALI BIN ABI THALIB MIN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (876kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas I Ali bin Abi Thalib di MI Negeri Purwokerto Bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan menulis deskripsi. Nilai rata-rata kelas tersebut adalah 69,6. Sedangkan KKM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 75. Siswa yang tuntas belajar, sebanyak 10 orang atau 35,7 %. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi benda sekitar pada siswa kelas 1 Ali bin Abi Thalib MIN Purwokerto tahun pelajaran 2013/2014 ?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas I Ali bin Abi Thalib MI Negeri Purwokerto dalam pembelajaran menulis deskripsi. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berupa kolaborasi atau kerjasama antara peneliti dengan observer. Sumber data yang digunakan adalah informasi data dari narasumber yaitu observer, arsip nilai ulangan harian siswa, hasil pengamatan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual, dan informasi lain tentang sekolah dan sejarahnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas I Ali bin Abi Thalib MI Negeri Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada tes pratindakan diperoleh nilai rata-rata 69 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata mencapai 76. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata menulis deskripsi dari pratindakan ke siklus I sebesar 7 poin. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 82, mengalami peningkatan sebesar 5 poin dari siklus I dan 13 poin dari tes pratindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi benda sekitar pada siswa kelas 1 Ali bin Abi Thalib MIN Purwokerto tahun pelajaran 2013/2014 serta strategi ini dapat digunakan pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi CTL, Kertampilan, Menulis, Deskripsi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 30 Sep 2016 02:45
Last Modified: 30 Sep 2016 02:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item