Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an Pada TPQ Darussalam Desa Pajerukan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2012/2013

Tri Subarkah, 102 334 145 (2014) Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an Pada TPQ Darussalam Desa Pajerukan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Tri Subarkah_IMPLEMENTASI METODE QIRO'ATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Banyak sekali metode membaca Al Qur’an telah kita kenal antara lain Metode Al Baghdadiyah, Metode Iqro, Metode Tartili, Metode Tsaqifa, dan Metode Qiro’ati. Namun dari sekian banyak metode yang kita ketahui TPQ Darussalam Desa Pajerukan Kecamtan Kalibagor memilih satu dari sekian Metode yaitu Metode Qiro’ati dalam pembelajaran membaca Al Qur’an. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi Metode Qiro’ati dalam pembelajaran membaca Al Qur’an siswa di TPQ Darussalam Desa Pajerukan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Dari metode wawancara yang dilakukan didapat bahwa penerapan metode Qiro’ati meliputi: sarana mengajar, cara mengajar Qiro’ati yang meliputi 2 tahap dan cara penyampaian materi pada buku/jilid Qiro’ati. Sarana Mengajar seperti peraga huruf siswa dan buku Qiro’ati. Tahap pertama anak dilatih dengan membaca huruf pada peraga huruf yang disesuaikan dengan pokok pelajaran yang akan dipelajari. Tahap kedua yaitu setelah anak terampil membaca dengan menggunakan peraga, siswa berlatih membaca buku Qiro’ati sehingga mereka benar-benar lancar membaca. Ada dua evaluasi yang dilakukan yaitu tes pelajaran dan tes kenaikan jilid. Tes pelajaran yaitu tes kemampuan membaca setiap hari pada pelajaran yang telah atau sedang dipelajari. Tes kenaikan jilid yaitu tes kemampuan membaca setiap siswa yang telah selesai menyelesaikan pelajarannya pada tiap jilid. Tes dilakukan oleh penguji, sehingga penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa Implementasi metode Qiro’ti di TPQ Darussalam sudah sesuai dengan buku panduan Qiro’ati yang disusun oleh TIM Raudhatul Mujawwidin Semarang. Kata Kunci: Pembelajaran Al Qur’an, Metode Qiro’ati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:41
Last Modified: 06 Oct 2016 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item View Item