PERAN FORUM MADRASAH AL-ITTIHAAD (FORMAT) PADA KUALITAS PEMBELAJARAN KEAGAMAAN DI MADRASAH DINIYAH AL-ITTIHAAD 2 PASIR LOR KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Alivia, Apriliyanti (2022) PERAN FORUM MADRASAH AL-ITTIHAAD (FORMAT) PADA KUALITAS PEMBELAJARAN KEAGAMAAN DI MADRASAH DINIYAH AL-ITTIHAAD 2 PASIR LOR KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alivia Apriliyanti_Peran Forum Madrasah Al-Ittihaad (FORMAT) Pada Kualitas Pembelajaran Keagamaan di Madrasah Diniyah Al-Ittihaad 2 Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Globalisasi terus berdampak pada pertumbuhan sosial dan budaya umat Islam yang ada di Indonesia pada umumnya, serta pendidikan Islam pada khususnya di era milenial ini, kesulitan atau persoalan moral yang menyangkut akhlak atau karakter generasi muda merupakan awal yang sering terjadi dan sering kita hadapi di masyarakarat. Mereka lebih banyak terlibat dalam gadget dan lalai mempelajari informasi agama sejak dini. sehingga, adanya pendidikan seperti Madrasah Diniyah begitu penting bagi masa depan generasi muda dalam rangka perbaikan bangsa. Oleh karena itu dibentuk suatu forum atau wadah untuk memfasilitasi madrasah-madrasah diniyah untuk meningkatkan kinerja, strategi, dan kualitas pembelajaran keagamaan dengan dibentuknya FORMAT atau forum madrasah al-ittihaad. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Diniyah Al-Ittihaad 2 Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Observasi, wawancara, dokumentasi, dan pendekatan triangulasi digunakan untuk mengumpulkan informasi. Temuan penelitian yang dilakukan di Madrasah Diniyah Al-Ittihaad 2 Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas tentang Peran Forum Madrasah Al-Ittihaad (FORMAT) terhadap Kualitas Pembelajaran Keagamaan, yaitu: 1) Forum Madrasah Al-Ittihaad (FORMAT) sudah berupaya mengembangkan perannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran keagamaan yaitu dengan membuat regulasi kurikulum, jam masuk pembelajaran, dan tata tertib. 2) Forum Madrasah Al-Ittihaad sudah meningkatkan kinerjanya yaitu dengan mengembangkan program atau kinerja dalam meningkatkan kualitas pembelajaran keagamaan dengan adanya kegiatan perkumpulan guru mata pelajaran dan rapat guru di setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Forum Madrasah Al-Ittihaad, Kualitas Pembelajaran Keagamaan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alivia Apriliyanti sdri
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:15
Last Modified: 17 Feb 2022 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12786

Actions (login required)

View Item View Item