NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA ARI SIHASALE

Nur Amalya, Azizah (2022) NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA ARI SIHASALE. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Amalya Azizah_ Nilai-Nilai Karakter Religius Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Ari Sihasale.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembentukan karakter merupakan suatu proses penting dalam menanamkan karakter atau akhlaq mulia, yang dilakukan oleh orangtua dan pendidik kepada anak didiknya. Karakter adalah suatu sikap, sifat, watak, serta penjiwaan diri, dengan menjadikan diri seseorang tersebut berbeda dengan memiliki ciri khasnya sendiri. Karakter yang ditanamkan memiliki tujuan untuk membentuk diri manusia menjadi lebih dekat dengan Tuhan atau memiliki kesan religius dalam dirinya. Religius merupakan sikap atau watak seseorang yang melakukan kegiatan ibadah dan mentaati seluruh ajaran agamanya dengan perasaan ikhlas dan memiliki kepercayaan terhadap Tuhan. Sedangkan, karakter religius merupakan suatu sikap, penjiwaan, perasaan, tabiat, budi pekerti seseorang yang erat kaitannya dengan hubungan seorang hamba dengan Tuhan-Nya, sesama manusia, serta manusia dengan alam semesta. Adanya karakter religius, menjadikan seseorang patuh terhadap perintah dan menjauhi larangan-Nya. Membentuk karakter religius pada diri seseorang atau karakter dengan media belajar alternatif, yaitu film. Film termasuk media yang digemari oleh semua kaum, dengan menampilkan gambar atau video dan alur cerita yang menarik bagi penikmatnya. Penggunaan media film dalam pembelajaran, dapat memudahkan pendidik untuk mencontohkan karakter-karakter yang baik kepada anak didiknya untuk dicontoh. Karena, film efektif menampilkan pesan, nilai-nilai, moral, dengan bentuk visual yang menarik. Tujuan penelitian ini, yaitu menanamkan dan mencontohkan karakter religius pada anak dalam film tersebut. Anak-anak akan tertarik dengan gambar dan video dalam memahami suatu pelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian library research, dengan metode penelitian kualitatif. Bersifat deskriptif, dengan teknik content analysis(analisis isi), dengan cara melihat dari kejadian suatu fenomena alam yang terjadi. Pengumpulan beberapa data berasal dari kegiatan mengamati, mencermati objek, mentransfer adegan dalam bentuk teks atau gambar, menganalisis data-data yang berhubungan dengan penelitian, dan mengkonfirmasi hasil temuan data dengan buku-buku pustaka atau sumber lain yang relevan dengan penelitian. Objek penelitian adalah nilai-nilai karakter religius dalam film Serdadu Kumbang karya Ari Sihasale. Hasil dari penelitian ini, dalam film Serdadu Kumbang memiliki nilai-nilai yang berkaitan dengan nilai karakter religius. Nilai tersebut memiliki relevansi pada perkembangan karakter dan sikap pada anak usia sekolah dasar (7-12 tahun). Nilai tersebut, yaitu nilai jujur, rela berkorban, rasa syukur, ikhlas, menghormati dan patuh pada Tuhan dan agama, peduli sesama, kerjasama, tidak memaksakan kehendak, menghormati orangtua, serta toleransi kepada sesama. Sikap tersebut dapat membangun semangat anak-anak atau masyarakat meningkatkan karakter baik pada diri sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Karakter, Religius, dan Film.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Amalya Azizah sdri
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:36
Last Modified: 17 Feb 2022 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

View Item View Item