Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Rentang Kisah Karya Danial Rifki

Reyza, Rahmania (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Rentang Kisah Karya Danial Rifki. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
REYZA RAHMANIA_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM RENTANG KISAH KARYA DANIAL RIFKI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kasus kenakanalan remaja yang menimbulkan dampak menurunnya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam didalam kehidupan. Adapun penyebab kenakalan remaja salah satunya kurangnya kontrol tontonan karena anak cenderung meniru dari apa dilihat. Film dapat dijumpai dan banyak digemari oleh semua kalangan. Sehingga film dapat menjadi sarana edukatif dalam menanamkan nilai-nilai moral. Film rentang kisah yang disutradari oleh Danial Rifki merupakan salah satu film yang menayangkan inspirasi dari keluraga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film rentang kisah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research), dengan pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan metode analisisnya menggunakan metode analisis isi (content anlysis). Berdasarkan data, hasil penelitian ini menunjukan: (1) nilai aqidah terdiri dari iman kepada Allah dan iman kepada qada dan qadar Allah,(2) nilai ibadah terdiri dari ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah, (3) nilai akhlak terdiri dari akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama dan akhlak terhadap alam, (4) nilai sosial terdiri dari kekeluargaan, kesetiaan, kepedulian dan empati. Kata kunci: Nilai-nilai pendidikan Islam, film rentang kisah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam, film rentang kisah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Reyza Rahmania
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:54
Last Modified: 15 Feb 2022 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12713

Actions (login required)

View Item View Item