REPRESENTASI RADIKALISME AGAMA DALAM FILM MATA TERTUTUP KARYA GARIN NUGROHO (ANALISIS SEMIOTIKA MODEL CHARLES SANDERS PIERCE)

Ngaviatun, Dwi Agustina (2022) REPRESENTASI RADIKALISME AGAMA DALAM FILM MATA TERTUTUP KARYA GARIN NUGROHO (ANALISIS SEMIOTIKA MODEL CHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Ngaviatun Dwi Agustina_Representasi Radikalisme Agama Dalam Film Mata Tertutup Karya Garin Nugroho (Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Teori representasi Struat Hall memperlihatkan suatu proses di mana arti (meaning) diproduksi menggunakan bahasa (language) dan dipertukarkan oleh antar anggota kelompok dalam sebuah kebudayaan (culture). Film Mata Tertutup menceritakan tentang keresahan seorang remaja wanita bernama Rima dalam proses pencarian jati diri hingga terjerumus ke dalam NII (Negara Islam Indonesia), perjalanan hidup seorang santri bernama Jabir yang tidak bisa membahagiakan ibunya karena kondisi ekonomi yang sulit dan perjuangan Asimah seorang ibu yang mencari anak perempuan satu satunya yang bernama Aini, yang terjerumus ke dalam NII. Berdasarkan cerita diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana representas radiklisme agama dalam film Mata Tertutup karya Garin Nugroho dengan menggunakan analisis semiotika model Charles Sanders Pierce? Peneliti menggunakan pendekatan kulaitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini merupakan film Mata Tertutup. Obyek dalam penelitian ini adalah potongan gambar atau visual yang terdapat dalam film Mata tertutup. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui visualisasi data, dokumentasi serta observasi yang dianalisis menggunakan teori semiotika model Charles Sanders Pierce, dimana tanda dilihat dari ikon, indeks dan simbol. Melalui teori semiotika Charles Sanders Pierce dengan ikon, indeks dan simbol, peneliti lebih mudah memahami makna atau simbol yang terkandung dalam film Mata Tertutup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah representasi radikalisme agama, yaitu teknik screening pada proses perekrutan anggota baru, penafsiran ayat al-Quran secara tekstual untuk proses pendoktrinan NII, proses pengkafiran serta proses menjadi pengebom bunuh diri yang disebut jihad atau mati syahid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Film Mata Tertutup, Radikalisme Agama, Semiotika
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ngaviatun Dwi Agustina sdri
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:19
Last Modified: 10 Feb 2022 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item View Item