IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI KELAS IV A SEMESTER GENAP MI NEGERI WIRASABA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Eka Sulistiani, 1223305029 (2016) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI KELAS IV A SEMESTER GENAP MI NEGERI WIRASABA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
EKA SULISTIANI_IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu aspek yang penting dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan penggunaan metode ini dapat mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang di inginkan. Namun dalam penggunaannya juga harus memperhatikan banyak hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill .dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di kelas IV A Semester Genap MI Negeri Wirasaba Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode drill di kelas IV A Semester Genap MI Negeri Wirasaba ini berbeda dari metode drill yang biasa diterapkan oleh guru, di mana di kelas ini menggunakan kalender sebagai batasan dalam memberikan latihan. Namun dalam penerapannya tetap memperhatikan segala aspek yang ada di dalam metode drill. Berdasarkan penelitian, penerapannya -sudah sesuai dengan teori yang ada di dalam metode drill, antara lain a) teknik-teknik, b) tujuan pengunaan,c). syarat-syarat, d) hal-hal yang perlu diperhatikan, e) prinsip dan petunjuk, f) langkah-langkah. Adapun demikian tahapan yang telah dilaksanakan memang sudah cukup sesuai. Kata Kunci : implementasi, metode drill, pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 27 Sep 2016 06:40
Last Modified: 27 Sep 2016 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item View Item