STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 PURWANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

LEDIA DESMETA, NIM. 102331084 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 PURWANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
LEDIA DESMETA_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 PURWANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO UTARA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang dari Penelitian ini adanya kesenjangan dalam pendidikan terutama antara aspek fisik dengan aspek moral dan kepuasan batin. Kesenjangan ini terjadi akibat adanya perubahan-perubahan yang terjadi. Materi yang ada dianggap paket dari langut sehingga tidak perlu disentuh dengan tangan-tangan kreatif dan inovatif dari para guru, sehingga peserta didik merasa jenuh. Strategi mengajar harus diarahkan kepada keaktifan optimal belajar peserta didik. Dalam istilah lain guru harus mengembangkan strategi pembelajaran aktif. Persoalan yang akan dikaji adalah bagiamana penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 4 Purwanegara Purwokerto Utara tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 4 Purwanegara Purwokerto Utara, sebagai pelaku utama strategi pembelajaran aktif. Peneliitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Sekolah Dasar Negeri 4 Purwanegara Purwokerto Utara. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penyajian data dan analisis dengan mereduksi dan mengklasifikasi data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dijadikan pertimbangan dalam mendorong dan meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, bermutu, efektif dan efisien. Hasil dari penelitian ini adalah: strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV dan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Purwanegara Purwokerto Utara adalah Card Short, Everiyone Is A Teacher Here, Index Card Math, Active Debate, Listening Team. Pelaksanaan dari strategi pembelajaran aktif cukup maksimal, karena guru menguasai teori dan mampu mengaplikasikan serta mengondisikan peserta didik dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 23 Sep 2016 02:49
Last Modified: 23 Sep 2016 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item