STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA’ARIF NU 01 GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

INAYATURROHMAH, NIM. 092334071 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA’ARIF NU 01 GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
INAYATURROHMAH_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA’ARIF NU 01 GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Strategi Pembelajaran aktif pembelajaran aktif akan membuat siswa aktif dalam pembelajaran sehingga akan mengasah ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di madrasah. SKI di MI menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, sampai masa Khulafaurrasyidin. Penelitian tentang strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran SKI di MI Ma’arif NU 01 Gununglurah Kecamatan Cilonngok Kabupaten Banyumas, fokus penelitiannya adalah “Bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran SKI di MI Ma’arif NU 01 Gununglurah Kecamatan Cilonngok Kabupaten Banyumas?” Penelitian dilaksanakan di sini karena sekolah ini adalah salah satu sekolah yang cukup berprestasi. Penelitian ini difokuskan di kelas V karena guru kelas V adalah guru yang sering menggunakan strategi pembelajaran aktif. Dalam Penelitian ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: (1) Metode Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran SKI, (2) Metode Wawancara di lakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran SKI, (3) Metode Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdiri, struktur organisasi, keadaan siswa, guru, silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Hubberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran SKI di MI Ma’arif NU 01 Gununglurah Kecamatan Cilonngok Kabupaten Banyumas sudah berjalan dengan baik. Strategi yang digunakan antara lain: reading quide, information search, card sort, jigsaw learning, team quiz, everyone is a teacher here , dan ceramah plus. Penerapan strategi pembelajaran aktif dilaksanakan dengan berkelompok. Strategi pembelajaran yang dilaksakan sudah sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif, Sejarah Kebudayaan Islam di MI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 23 Sep 2016 02:18
Last Modified: 23 Sep 2016 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item View Item