PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERSEPSI LOKASI TERHADAP INTENSITAS MENABUNG ANGGOTA KSPPS BMT BUANA MAS PURWOKERTO

Ana Dwi, Prianti (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERSEPSI LOKASI TERHADAP INTENSITAS MENABUNG ANGGOTA KSPPS BMT BUANA MAS PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ana Dwi Prianti_Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Lokasi Terhadap Intensitas Menabung Anggota KSPPS BMT Buana Mas Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menabung merupakan salah satu cara untuk mengontrol keuangan seseorang dalam kehidupan. Masyarakat dapat menyisihkan sebagian hartanya untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Kemauan yang kuat untuk melakukan suatu tingkah laku menabung dapat dijelaskan melalui konsep intensitas menabung. Intensitas menabung dapat diukur dengan seberapa seringnya anggota menabung pada suatu lembaga keuangan. Faktor yang mempengaruhi intensitas anggota menabung anggota antara lain kepercayaan, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan persepsi lokasi. Menabung tidak hanya identik dengan menabung di bank, tetapi bisa juga di lembaga keuangan non bank, baik yang menggunakan prinsip syariah maupun non syariah. Salah satu tempat menabung yang sesuai dengan prinsip syariah adalah menabung di lembaga keuangan syariah. Jenis Lembaga keuangan non bank yang diminati masyarakat adalah koperasi syariah. Salah satu jenis koperasi syariah dengan kinerja yang bagus yaitu KSPPS BMT Buana Mas. Sebagai jasa layanan keuangan BMT Buana Mas harus mampu memberikan pelayanan prima terhadap anggotanya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan persepsi lokasi terhadap intensitas menabung anggota KSPPS BMT Buana Mas Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KSPPS BMT Buana Mas. Metode sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi ordinal dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel kepercayaan terhadap intensitas menabung, terdapat pengaruh variabel kualitas produk terhadap intensitas menabung, terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap intensitas menabung, tidak terdapat pengaruh variabel persepsi lokasi terhadap intensitas menabung, dan terdapat pengaruh secara bersama-sama variabel kepercayaan, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan persepsi lokasi terhadap intensitas menabung anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Lokasi, Intensitas Menabung, Koperasi Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ana Dwi Prianti sdri
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:35
Last Modified: 28 Dec 2021 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item