STRATEGI PEMBERDAYAAN ENTREPRENEURSHIP SANTRI MELALUI PEMANFAATAN LAHAN PERTANIAN (Studi Kasus Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto)

Moh., Nursidik (2021) STRATEGI PEMBERDAYAAN ENTREPRENEURSHIP SANTRI MELALUI PEMANFAATAN LAHAN PERTANIAN (Studi Kasus Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
upload ke repository.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sektor pertanian adalah sektor kedua yang paling berpengaruh selain industri. Pertanian Indonesia belum dapat memenuhi peran sentral yang yang di bebankan oleh sektor perekonomian dalam penyerapan tenaga kerja, pembentukan pendapatan, produksi pangan, penghasilan bahan baku dan penggerak kehidupan sosial. Pemberdayaan masyarakat yaitu merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat agar mampu mewujudkan kemandirian dan melepaskan diri dari belenggu kemiskinan serta keterbelakangan. Maka dari itu, tidak sedikit pondok pesantren yang berupaya untuk memberdayakan para santrinya khususnya di bidang pertanian Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat post-positivasi, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawanya adalah eksperimen), dimana penelitian adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan data dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pemberdayaan enterpreneurship santri tani Pesantren Darussalam melalui penyuluhan dan pelatihan yang memberikan beberapa manfaat bagi santri diantaranya adalah meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, kedisiplinan, tangung jawab, jiwa sosial, dan agar mampu menyelesaikan masalah kemiskinan yang ada di masyarakat sekitar, serta meningkatkan jiwa enterpreneurship masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sektor Pertanian, Pemberdayaan Enterpreneurship
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mohammad Nursidik sdr
Date Deposited: 23 Dec 2021 06:45
Last Modified: 23 Dec 2021 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item