STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 03 BRENGKOK KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013 / 3014

ASIH PURWANI, NIM. 1123304052 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 03 BRENGKOK KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013 / 3014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ASIH PURWANI_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 03 BRENGKOK KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Strategi digunakan dalam serangkaian sistem pembelajaran yang memegang peranan sangat penting dalam keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya variasi penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI di SD Negeri 03 Brengkok, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, sehingga siswa mampu menguasai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada. Strategi ini juga digunakan untuk menyiasati berbagai keterbatasan yang ada, misalnya kurangnya pemahaman siswa terhadap materi PAI dibandingkan terhadap materi umum yang lain. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan lokasi di SD Negeri 03 Brengkok, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran PAI di SD Negeri 03 Brengkok Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: (a) Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kegiatan yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam proses pembelajaran PAI dan data tentang lokasi SD Negeri 03 Brengkok. (b) Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung yang dapat menggambarkan penggunaan strategi pembelajaran PAI di SD Negeri 03 Brengkok. (c) Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan SD Negeri 03 Brengkok seperti letak geografis, visi dan misi, stuktur organisasi, keadaan guru, siswa, sarana dan prasarana SD Negeri 03 Brengkok dengan melihat dokumen yang ada di SD Negeri 03 Brengkok. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian, pelaksanaan Strategi Pembelajaran PAI di SD Negeri 03 Brengkok, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara sudah sesuai dengan landasan teori dan berjalan cukup baik. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Kebosanan siswa dalam kegiatan belajar bisa menjadi lebih menyenangkan, semakin termotivasi, kecenderungan menguasai materi juga tinggi dan menumbuhkan kepekaan pada diri peserta didik terhadap masalah-masalah dalam lingkungan sosial. Strategi yang digunakan antara lain: strategi true or false (benar atau salah), card sort (sortir kartu), index card match (mencari pasangan), reading aloud (membaca keras), dan everyone is a teacher here (semua bisa jadi guru).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam SD Negeri 03 Brengkok Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 23 Sep 2016 01:40
Last Modified: 23 Sep 2016 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item