IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DI KELAS IV-B MI NEGERI 3 BANYUNAS

Nurma, Kristiana (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DI KELAS IV-B MI NEGERI 3 BANYUNAS. Skripsi thesis, UIN Prof. Kiai H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER-BAB I-BAB V-DAFTAR PUSTAKA-NURMA KRISTIANA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_Nurma Kristiana_1617405072.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK E-learning merupakan teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan siswa untuk belajar kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran elektronik atau sering dikenal dengan istilah e-learning sudah ada sejak tahun 1970. E-learning merupakan strategi pembelajaran yang baik karena dapat menjangkau wilayah yang sangat luas, dengan biaya yang sangat murah. Untuk menggunakan materi pada pembelajaran model e-learning ini anda harus memiliki komputer dan internet ataupun intranet. Selama proses pembelajaran, guru dan peserta didik tidak harus berada di tempat dan waktu yang sama untuk melakukan proses pembelajaran, cukup menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sumber data yang digunakan adalah guru kelas IV-B dan siswa kelas IV-B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Implementasi model pembelajaran e-learning di kelas IV-B MIN 3 Banyumas telah diwujudkan dengan 4 tahap, yaitu pertama tahap perumusan tujuan pembelajaran yaitu memberikan hak pendidikan yaitu tetap melaksanakan belajar di rumah selama masa pandemi covid-19. Tahap kedua adalah perencanaan pembelajaran dengan membuat silabus dan RPP yang disesuaikan dengan masa darurat covid-19, mempersiapkan media pembelajaran dan materi pembelajaran. Tahap ketiga adalah pelaksanaan pembelajaran yang merupakan kegiatan inti dimana peserta didik belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri saat pembelajaran menggunakan whatsApp group, aplikasi e-learning dan zoom. Dan tahap ke empat yaitu evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru dengan mengutamakan penilaian hasil pengetahuan peserta didik melalui test yang di laksanakan menggunakan google form. Test tersebut yaitu penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir tahun. Kata kunci : Model Pembelajaran E-learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran e-learning
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurma Kris Kristiana sdri
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:40
Last Modified: 06 Dec 2021 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12229

Actions (login required)

View Item View Item