PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 1 KRANJI PURWOKERTO TIMUR

Mukhsinah, Mukhsinah (2021) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 1 KRANJI PURWOKERTO TIMUR. Skripsi thesis, UIN saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
MUKHSINAH_PENERAPAN_MODEL_COOPERATIVE_INTEGRATED_READING_AND_COMPOSITION_(CIRC)_DALAM_PEMBELAJARAN_TEMATIK_KELAS_V_DI_SD_NEGERI_1_KRANJI_PURWOKERTO_TIMUR[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam peningkatan keterampilan membaca intensif pada kelas V SD Negeri 1 Kranji Purwokerto Timur tahun ajaran 2020/2021, meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kranji Purwokereto Timur. Dan juga mendeskripsikan kendala dan hal-hal yang mendukung pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Karena penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC ini termasuk dalam pembelajaran yang aktif, efektif dan terampil dalam proses pembelajaran, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam pembelajaran Tematik kelas V di SD Negeri Kranji 1 Purwokerto Timur. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam pembelajaran Tematik kelas V di SD Negeri 1 Kranji Purwokerto Timur. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa wali kelas V dalam melaksanakan pembelajaran dikelas telah menerapkan 6 (enam) langkah utama model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada proses pembelajaran. Diantaranya (1) Guru membentuk kelompok secara heterogen (2) Guru memberikan wacana/kliping sesuai materi (3) Siswa saling bekerjasama membacakan dan menemukan ide pokok dan tanggapan (4) Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok (5) Guru membuat kesimpulan bersama (6) Penutup. Penerapan tersebut sudah diterapkan oleh guru kelas V sebagai model pembelajaran yang efektif agar siswa lebih aktif dan terampil terutama membaca dalam materi pembelajaran. Penerapannya pun sudah sesuai dengan yang dituliskan pada silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model CIRC, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mukhsinah Mukhsinah sdri
Date Deposited: 30 Nov 2021 09:20
Last Modified: 30 Nov 2021 09:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item