PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS: SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PURBALINGGA DAN SMP NEGERI 3 KUTASARI)

Haryanto, Budi Saputro (2021) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS: SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PURBALINGGA DAN SMP NEGERI 3 KUTASARI). Masters thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Haryanto Budi Saputro_Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus; Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Purbalingga dan SMP Negeri 3 Kutasari).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Purbalingga dan siswa kelas 7 SMPN 3 Kutasari. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Purbalingga dan SMPN 3 Kutasari Tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 308 siswa. Pengambilan sampel melalui rumus Solvin sebanyak 121 siswa yang diambil secara proporsional random sampling. Ada 3 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu lingkungan sekolah dan motivasi belajar sebagai variabel bebas dengan. Kemudian Hasil Belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), dokumentasi dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah pada siswa kelas VII SMPN 3 Kutasari dan SMPN 2 Purbalingga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil pembelajaran, sedangkan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMPN 3 Kutasari dan SMPN 2 Purbalingga terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Hasil perhitungan dengan software SPSS 25 nilai koefisien regresi motivasi belajar sebesar 0,045 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dan nilai koefisien determinasi (Adjustment R Square) ini sebesar 86,8% sedangkan 13,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti dikarenakan keterbatasan dana, waktu serta kemampuan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Kutasari dan Siswa Kelas VII SMPN 2 Purbalingga. Adapun saran yang dapat penulis berikan antara lain diharapkan sekolah menambah jumlah fasilitas, terutama peralatan laboratorium, siswa hendaknya meningkatkan kesadaran dan usahanya dalam rangka memperoleh informasi non formal, dan harapkan siswa selalu melatih dirinya untuk berani tampil dalam mengungkapkan pendapatnya di depan umum. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haryanto Budi Saputro sdr
Date Deposited: 30 Oct 2021 21:59
Last Modified: 30 Oct 2021 21:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12154

Actions (login required)

View Item View Item