PENGUASAAN SOFTSKILL HARDSKILL REMAJA ALUMNI SMA SMK dan MA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WLAHAR KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP

Rina, Juliyanti (2021) PENGUASAAN SOFTSKILL HARDSKILL REMAJA ALUMNI SMA SMK dan MA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WLAHAR KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RINA JULIYANTI_PENGUASAAN SOFTSKILL HARDSKILL REMAJA ALUMNI SMA SMK dan MA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WLAHAR KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sarana organisasi formal yang didalamnya terdapat usaha adminisrasi yang memiliki fungsi untuk mencapai tujuan Nasional. Salah satu bidang layanan yang bermanfaat bagi siswa di sekolah yaitu layanan Bimbingan dan Konseling Karir. Pada awal tahun 2020 negara di dunia termasuk Indonesia tengah dilanda pandemi covid-19 yang mengakibatkan banyak perubahan terjadi pada sektor seperti ekonomi, sosial dan pendidikan. Karir dapat dicapai salah satunya melalui pendidikan, namun adanya pandemi covid-19 proses pendidikan tidak bisa berjalan seperti biasanya. Pekerjaan pada masa pandemi covid-19 akhirnya juga mengikuti perkembangan. Perubahan kebutuhan pada dunia kerja dikutip dari LinkedIn mencakup skill dari sumber daya manusia yang meliputi 5 Soft skill dan 10 Hard skill yang harus dimiliki pada tahun 2020. Oleh karena hal tersebut peneliti ingin mengetahui penguasaan soft skill dan hard skill remaja lulusan pada bulan masa pandemi covid-19 pada tahun 2021. Peneliti menggunakan metode penelitian kulitatif deskiptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memberikan gambarakan secara obyektif suatu masalah, memiliki proses perencanaan penelitian sampai penarikan kesimpulan yang tidak menggunakan sistem perhitungan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data penguasaan softskill dan hardskill yang dimiliki oleh remaja yang lulus pada bulan masa pandemi covid-19. Hasil penelitian diperoleh data, remaja di desa Wlahar kecamatan Adipala kabupaten Cilacap memiliki lima penguasaan pada bidang soft skill yang dibutuhkan pada tahun 2020. Lima soft skill tersebut meliputi kreatifitas, persuasi, adaptasi, kolaborasi, dan emotional intelegency. Kemudian beberapa hard skill yang dikuasi oleh remaja tersebut terdapat skill pada bidang analisis bisnis dan penguasaan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Soft Skill, Hard Skill, Remaja, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rina Juliyanti sdri
Date Deposited: 30 Oct 2021 10:41
Last Modified: 30 Oct 2021 10:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12139

Actions (login required)

View Item View Item