HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN TEKNIK REINFORCEMENT DENGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SMALB C-C1 YAKUT PURWOKERTO

Nurtiasih, Nurtiasih (2021) HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN TEKNIK REINFORCEMENT DENGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SMALB C-C1 YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_bab I_ bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURTIASIH_Hubungan antara penerapan teknik reinforcement dengan peningkatan hasil belajar siswa tunagrahita di SMALB C-C1 Yakut Purwokerto.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Teknik reinforcement(penguatan) diberikan kepada siswa tunagrahita dengan memberikan pujian, penyadaran, teguran, hadiah ataupun reward lainnya agar dapat meningkatkan hasil belajar dalam ranah afektif, kognitif maupun psikomotorik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan teknik reinforcement dengan peningkatan hasil belajar siswa tunagrahita di SMALB C-C1 Yakut Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMALB C-C1 Yakut Purwokerto dengan jumlah sampel 52 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket/quesioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis menggunakan rumus korelasi product moment dari pearson pada SPSS versi 26 antara variabel X dan variabel Y diperoleh r hitung sebesar 0.554. Nilai signifikansi sebesar 0,000021 artinya nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 atau diperoleh hasil r hitung sebesar 0,554 sedangkan nilai r tabel pada taraf 5% untuk N=52 yaitu 0,279, sehingga r hitung 0,554 > r tabel 0,279 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penerapan teknik reinforcement dalam meningkatkan hasil belajar siswa tunagrahita di SMALB C-C1 Yakut Purwokerto, serta H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat hubungan korelasi signifikansi yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Dalam penelitian ini penerapan teknik reinforcement memiliki hubungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tunagrahita di SMALB C-C1 Yakut Purwokerto. erdapat hubungan korelasi signifikansi yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Selain itu berdasarkan dari tabel regresi sederhana nilai f hitung adalah 22,092 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 maka model regresi dapat dipakai untu memprediksi variabel teknik reinforcement atau dengan kata lain ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Dengan prosentase koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa besarnya nilai korelasi atau hubungan ( r ) sebesar 0,554 dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi atau R Squaer sebesar 0,293 yang mengandung pengertian bahwa hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 30,6%. Kata Kunci : Teknik Reinforcement, hasil belajar, siswa tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik Reinforcement, hasil belajar, siswa tunagrahita
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.1 Personal Improvement and Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurtiasih Nurtiasih sdri
Date Deposited: 30 Oct 2021 08:56
Last Modified: 30 Oct 2021 08:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12133

Actions (login required)

View Item View Item