IMPLEMENTASI TEKNIK MODELING UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU HIPERAKTIF DI TK DIPONEGORO 73 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Itsna, Hidayaturrochmah (2021) IMPLEMENTASI TEKNIK MODELING UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU HIPERAKTIF DI TK DIPONEGORO 73 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Itsna Hidayaturrochmah_Implementasi Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Hiperaktif di TK Diponegoro 73 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perilaku hiperaktif merupakan istilah untuk mengacu pada pola perilaku kurang perhatian atau overaktivitas ngawur berkepanjangan pada anak. Perilaku hiperaktif termasuk dalam kategori anak berkebutuhan khusus. Dimana anak yang secara signifikan mengalami kelainan atau penyimpangan dalam proses tumbuh kembangnya dibandingkan anak-anak lain yang seusianya sehingga dibutuhkan kekhususan dari segala segi kebutuhan termasuk pendidikan. Agar tidak terjadi permasalahan berkelanjutan disekitarnya hingga dewasa, anak hiperaktif harus sesegera mungkin ditangani oleh pihak yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik modeling dalam meminimalisir perilaku hiperaktif di TK Diponegoro 73 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2021 di TK Diponegoro 73 Langgongsari Tahun Ajaran 2020/2021. Fokus pada penelitian ini adalah tentang proses penerapan teknik modeling yang dilakukan TK Diponegoro 73 Langgongsari untuk meminimalisir siswa yang berperilaku hiperaktif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini sebanyak 4 orang, yaitu 1 Kepala Sekolah dan 3 orang guru TK Diponegoro 73 Langgongsari. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi teknik modeling siswa yang berperilaku hiperaktif mengalami penurunan yang signifikan. Artinya teknik modeling dapat memberikan pengaruh besar dalam memodifikasi perilaku hiperktif anak, yaitu mengontrol dan menghilangkan atau mengurangi tingkah laku hiperaktif menjadi perilaku yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran orang tua siswa yang bisa diajak bekerja sama dengan baik dalam membantu proses pembelajaran sosial-kognitif anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik Modeling, Perilaku Hiperaktif
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Itsna Hidayaturrochmah
Date Deposited: 30 Oct 2021 08:50
Last Modified: 30 Oct 2021 08:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12132

Actions (login required)

View Item View Item