PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH WELAHAN WETAN KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NUR KOMARIYAH, NIM. 102331014 (2014) PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH WELAHAN WETAN KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NUR KOMARIYAH_PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH WELAHAN WETAN KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Usia dini merupakan usia emas bagi anak untuk mengembangkan seluruh kemampuan yang ada pada diri anak agar dapat berkembang sebaik mungkin. Keberhasilan anak di masa usia dini merupakan penentu bagi keberhasilan anak di masa mendatang. Pendidikan anak sejak usia dini sangat penting untuk dilakukan karena pada masa ini terjadi proses pembentukan kepribadian. Untuk itu nilainilai agama dan moral perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini, agar anak terbiasa dengan nilai-nilai kebaikan dan dapat mengenal Tuhannya yaitu Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penanaman nilai-nilai agama dan moral di Taman Kanak-Kanak Masyithoh Welahan Wetan Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis datanya disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Dari analisis yang penulis lakukan terhadap penanaman nilai-nilai agama dan moral di Taman Kanak-Kanak Masyithoh Welahan Wetan Adipala-Cilacap yang meliputi materi atau nilai-nilai agama dan moral, proses, metode, dan evaluasi penanaman nilai-nilai agama dan moral. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa proses penanaman nilai-nilai agama dan moral di Taman Kanak-Kanak Masyithoh Welahan Wetan sudah cukup baik, yaitu meliputi penanaman nilai aqidah, penanaman nilai ibadah, dan penanaman nilai akhlak yang disesuaikan dengan perkembangan, karakteristik, dan kemampuan anak didik. Materi atau nilai-nilai agama dan moral yang ditanamkan oleh guru kepada anak usia dini di Kelas B1 yaitu nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Materi atau nilai aqidah yaitu mengenalkan tentang rukun iman. Nilai ibadah misalnya anak didik menirukan pelaksanaan kegiatan ibadah secara sederhana seperti tata cara wudlu dan shalat. Nilai akhlak meliputi akhlak terhadap guru atau orang tua, akhlak terhadap sesama, dan akhlak terhadap alam. Pendidik menggunakan berbagai metode penanaman nilai-nilai agama dan moral yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, metode bernyanyi, metode bercerita, metode demonstrasi, dan metode bermain. Evaluasi penanaman nilai-nilai agama dan moral menurut penulis sudah baik karena dalam penilaian melalui tugas-tugas yang diberikan guru, pengamatan harian dan akhir semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, nilai-nilai agama dan moral, anak usia dini.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 20 Sep 2016 03:28
Last Modified: 20 Sep 2016 03:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item