KONSEP PEREMPUAN DALAM KITAB ‘IZ{ATUN NASYI’IN KARANGAN MUS{T{AFA AL-G{ALAYAINI

Anisa, Mulyani (2021) KONSEP PEREMPUAN DALAM KITAB ‘IZ{ATUN NASYI’IN KARANGAN MUS{T{AFA AL-G{ALAYAINI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANISA MULYANI_KONSEP PEREMPUAN DALAM KITAB ‘IZ{ATUN NASYI’IN KARANGAN MUS{T{AFA AL-G{ALAYAINI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perempuan dewasa ini memang sudah diperlakukan lebih baik daripada masa-masa sebelumnya, perempuan sudah diberikan kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk mengembangkan potensi dan mengeksplor diri di ranah publik. Namun harus diakui bahwa perempuan masih tidak dapat terlepas sepenuhnya dari bayang-bayang budaya sebelumnya yang cenderung mendiskriminasikan kaum perempuan. Masih banyak yang memiliki anggapan bahwa perempuan merupakan makhluk yang lemah dan tidak lebih unggul dari laki-laki. Perempuan dianggap sebagai makhluk yang tidak dapat dilepaskan dari peran domestiknya dan menganggap peran tersebut sebagai kodrat paten dari kaum perempuan. Gagasan Al-G{ala>yaini dalam kitab ‘Iz{atun Na>syi’i<n, dapat menjadi salah satu referensi bagi setiap insan sebagai acuan dalam hubungan dengan sesama manusia baik laki-laki maupun perempuan. Pembahasan ‘Iz{atun Na>syi’i<n khususnya dalam bab perempuan yang kebanyakan berisi tentang nasehat-nasehat dari Al-G{ala>yaini berdasarkan pengalaman yang beliau alami pada masa tersebut dengan tetap berlandaskan pada Al-Qur’an, menjadi sangat berkaitan dengan pembahasan konsep perempuan menurut pandangan Islam. Tujuannya agar baik laki-laki maupun perempuan senantiasa mendalami, menghayati, dan mengamalkan ajaran-ajaran islam dalam aspek-aspek hubungan kemanusiaan dan segi kehidupan lainya. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana konsep perempuan dalam kitab ‘Iz{atun Na>syi’i<n karangan Mus{t{afa< Al-G{ala>yaini. Penulis menggunakan konsep gender dalam pendekatan feminisme untuk mengenalisis konsep perempuan dalam kitab ‘Iz{atun Na>syi’i<n. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode analisis isi, dengan sumber primernya yaitu kitab ‘Iz{atun Na>syi’i<n, karangan Mus{t{afa> Al-G{ala<yaini. Langkah-langkah analisisnya yaitu: pertama, merumuskan masalah yang akan diteliti. Kedua, penulis mengambil sampling terhadap isi dari kitab ‘Iz{atun Na<syi’i<n. Pada langkah ketiga, penulis membuat kategori yang akan dianalisis. Selanjutnya data dideskripsikan. Caranya yaitu dengan membandingkan konsep perempuan menurut kitab ‘Iz{atun Na<syi’i<n dengan konsep perempuan menurut buku/pendapat tokoh lain. Penulis menggunakan sumber-sumber sekunder sebagai perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perempuan merupakan manusia berjenis kelamin perempuan yang memiliki ciri fisik berpayudara, mengalami menstruasi, memiliki rahim, hamil, melahirkan, dan menyusui. Perempuan diciptakan dari zat yang sama dengan laki-laki, serta mengemban tugas dan kewajiban beribadah yang sama dengan laki-laki. Perempuan memiliki peran yang penting dalam lingkup keluarga yaitu sebagai istri dan sebagai ibu. Perempuan juga diberi peluang yang sama dengan laki-laki untuk menjalani peran dalam lingkup masyarakat atau publik. Perempuan dan laki-laki bahu-membahu saling membantu dan bekerja sama dalam menjalani tugas dan kewajiban dari Allah SWT guna menciptakan keharmonisan baik dalam lingkup keluarga maupun masyarakat. Sejatinya perempuan maupun laki-laki setara di hadapan Allah SWT yang membedakan adalah nilai pengabdian dan tingkat ketakwaan kepada Allah SWT. Kata kunci: Perempuan, Gender, Kitab ‘Iz{atun Na<syi’i<n.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Gender, Kitab ‘Iz{atun Na<syi’i<n
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anisa Mulyani sdri
Date Deposited: 29 Oct 2021 14:02
Last Modified: 29 Oct 2021 14:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12108

Actions (login required)

View Item View Item