SEKOLAH BERBASIS AL-QUR'AN DI SMP TAKHASSUS AL-QUR'AN SULTAN FATTAH CILACAP

Umiati, Umiati (2021) SEKOLAH BERBASIS AL-QUR'AN DI SMP TAKHASSUS AL-QUR'AN SULTAN FATTAH CILACAP. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMIATI_SEKOLAH BERBASIS AL-QUR’AN DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN SULTAN FATTAH CILACAP).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi situasi dan kondisi zaman yang dihadapi di era globalisasi dan modernisasi. Peserta didik sebagai generasi penerus bangsa harus diberikan pendidikan yang tepat. Mereka perlu dibentengi dengan pendidikan Al-Qur’an dari pengaruh-pengaruh negativ yang ditimbulkan dari kedua era tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi sekolah berbasis Al-Qur’an, internalisasi nilai-nilai Al-Qur’an, dan keberhasilan yang dicapai dari sekolah berbasis Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode obervasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif Miles Huberman. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan terdapat tiga kegiatan implementasi sekolah berbasis Al-Qur’an yaitu membaca ayat Al-Qur’an dengan menguasai bacaan tarqiq, hadr, tadwir dan tartil. Metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an dengan metode tasalsuli, metode jami, dan metode muqsam. Dalam mentadabburi Al-Qur’an dengan mempelajari tafsir juz’amma dan tafsir surat yaasiiiiin. Adapun internalisasi nilai Al-Qur’an terhadap diri siswa sifat murah hati kepedulian antara siswa dan guru dalam hal tolon menolong, keberanian siswa berceramah, imam sholat, imam tahlil. Sifat sabar melaksanakan puasa sunah Senin Kamis, puasa dalail Qur’an, puasa dalail khoirot. Dan sifat jujur dalam kegiatan kantin kejujuran. Dari kegiatan tersebut mampu menciptakan kepribadian Qur’an peserta didik yaitu jiwa beriman menghasilkan kesolehan spiritual, kesolehan sosial, dan kesolehan individual, jiwa tawakal sikap optimis menyerahkan urusannya hanya kepada Allah seperti istighosah setiap malam Jum’at, jiwa cerdas ada dua yaitu pesertad didik memiliki kecerdasan inetelektual memperoleh prestasi perlombaan pelajaran umum OSN dan lomba MAPSI tingkat kecamatan, kabupaten,dan provisnsi, kecerdasan sosial dalam bentuk kegiatan bakti sosial dimasyarakat setiap bulan Ramadhan. Dan jiwa demokratis menjadikan siswa memiliki sikap tidak otoriter di dalam kelas dan selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Berbasis Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umiati Umiati sdri
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:52
Last Modified: 29 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item View Item