MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN, KEMRANJEN, BANYUMAS

Amir, Mahmud (2021) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN, KEMRANJEN, BANYUMAS. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AMIR MAHMUD_MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN, KEMRANJEN, BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan Kepala Madrasah yaitu kemampuan Kepala Madrasah untuk menciptakan perubahan yang paling efektif dalam perilaku kelompok bagi yang lain dia adalah proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan kelompok ke arah penetapan tujuan dan pencapaian tujuan. Kepala Madrasah harus mampu menciptakan solidaritas, harmonisasi dan sinergi dengan semua warga madrasah. Kepala Madrasah sebagai pemimpin pendidikan harus dapat mengenal dan mengerti berbagai kedudukan, keadaan dan apa yang diinginkan baik oleh guru maupun tenaga kependidikan serta warga Madrasah lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis karakter di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan, Kemranjen, Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, atau penelitian yang terbatas pada usaha mengungkap suatu masalah dalam keadaan apa adanya dengan kata lain hanya merupakan penyingkapan fakta. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa : dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis karakter, Kepala Madrasah mengutamakan sikap demokrasi dan kekeluargaan yang sangat kental dengan pihak Yayasan dan dengan warga Madrasah lainnya, yakni guru, tenaga kependidikan dan siswa. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari di Madrasah, Kepala Madrasah selalu menunjukan cara kerja yang berkarakter, sehingga menjadi suri tauladan bagi anggota dan para siswanya. Dari sini lah timbul kepuasan kerja bagi para guru dan tenga kependidikan. Kepala Madrasah juga memberikan apresiasi penghargaan bagi yang berprestasi dan sangsi bagi yang melanggar aturan. Hal-hal yang harus menjadi perhatian dalam manajemen berbasis karakter, paling tidak harus memuat unsur-unsur, seperti manajemen kurikulumnya, kesiswaan, sarana dan prasarana. Ketiga unsur tersebut harus disusun sedemikian rupa agar bersinergi dengan tujuan yang hendak dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Manajemen, Karakter, Madrasah Aliyah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amir Mahmud sdr
Date Deposited: 29 Oct 2021 00:28
Last Modified: 29 Oct 2021 00:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11994

Actions (login required)

View Item View Item