Ma'sum Bisri, Mustofa (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SAYYID MUHAMMAD DALAM KITAB AT-TAHLIYAH WA AT-TARGHĪB FĪ AT-TARBIYAH WA AT-TAHDZĪB. Skripsi thesis, Universitas Islam Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
Masum Bisri Mustofa_NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SAYYID MUHAMMAD DALAM KITAB AT-TAHLIYAH WA AT-TARGHĪB FĪ AT-TARBIYAH WA AT-TAHDZĪB.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Setiap orang memiliki kewajiban untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya dengan mengerahkan segala kemampuan yang dimilikinya untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Salah satu hal yang penting dalam proses mencari ilmu adalah nilai-nilai akhlak dan berperilaku baik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mempunyai perilaku menyimpang seperti mabuk-mabukkan, membentak guru, dan melakukan tindakan tidak terpuji lainnya. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Sayyid Muhammad dalam Kitab At-Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data utama pada penelitian ini adalah kitab At-Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan studi pustaka, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Fokus kajian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Sayyid Muhammad dalam Kitab At-Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan secara garis besar Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Menurut Sayyid Muhammad dalam Kitab At-Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb dibagi menjadi tiga bagian yaitu Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri, terhadap orang lain, dan terhadap negara, serta satu bagian sebagai tujuan dalam pendidikan akhlak. Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri yang meliputi; memiliki adab dan berperilaku baik, memiliki sifat jujur, memiliki budi peketi yang baik, memiliki rasa malu, memiliki sifat murah hati, dapat menahan amarah, mempunyai sikap muruah, menghindari sikap sombong, merawat tubuh, dan mengetahui fungsi berpakaian. Sedangkan nilai-nilai akhlak terhadap orang lain dibagi menjadi tiga bagian yaitu; akhlak terhadap orangtua, guru, dan masyarakat. Pendidikan akhlak mempunyai fungsi untuk mewujudkan tujuan pendidikan yaitu melahirkan manusia yang cerdas dan berkarakter mulia yang dapat berguna bagi diri sendiri, agama, bangsa, dan negara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak, Nilai-nilai pendidikan Akhlak, kitab At-Tahliyah Wa At-Targhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb |
Subjects: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdr Ma'sum Bisri Mustofa |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 00:25 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 00:25 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |