TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI PESANTREN KHOZINATUL 'ULUM BLORA

Hamdan, Adib (2021) TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI PESANTREN KHOZINATUL 'ULUM BLORA. Masters thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
HAMDAN ADIB_TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI PESANTREN KHOZINATUL 'ULUM BLORA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masyarakat selalu mengalami perkembangan dimana perkembangan ini mempengaruhi tuntutannya kepada pesantren untuk terus berubah. Peraturan pemerintah juga memberikan tuntutannya agar pesantren terdaftar dan legal sebagai sebuah lembaga pendidikan. dilain sisi kiai sebagai pemilik kekuasaan tertinggi di pesantren juga memiliki keinginan untuk merubah pesantren menjadi lebih baik. Melalui hal ini kajian mengenai transformasi di dalam tubuh pesantren menjadi hal yang menarik dan perlu untuk terus dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana latar belakang trasnformasi pendidikan? 2) bagaimana bentuk pesanren setelah transformasi? 3) apa implikasi yang ditimbulkan setelah transformasi?. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang terjadinya transformasi di pesantren, bentuk pesantren setelah transformasi, dan implikasi yang ditimbulkan dalam transformasi. Penelitian ini dilakukan di Pesantren Khozinatul ‘Ulum Blora. Metode penelitian yang digunakan yaitu paradigma kualitatif dan pendekatannya sosio-historis. Data diperoleh menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur kepada wakil pengasuh, pembina, pengurus dan santri serta dokumentasi untuk mendapatkan dokumen berkaitan dengan data yang dibutuhkan. Data yang telah didapatkan akan disajikan dalam bentuk deskriptif setelah melalui analisis oleh peneliti yaitu dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya 1) latar belakang terjadinya transformasi berasal dari internal pesantren yaitu kiai dan gus serta eksternal pesantren yaitu tuntutan masyarakat serta kebijakan pemerintah. 2) bentuk transformasi dipengaruhi oleh aktor yang ada di belakangnya yaitu kiai dan gus dimana transformasi yang dilakukan oleh kiai ialah merubah pesantren dari tradisional menjadi semi modern dan yang dilakukan oleh gus dengan perubahan pesantren menjadi integrasi selektif dilihat dari kurikulum, metode dan kegiatan. Bentuk perubahan ini juga memunculkan friksi dari dewan asatidz, pengurus, santri dan wali santri. 3) Implikasi dari transformasi pendidikan berdampak pada dewan asatidz, santri, sekolah formal dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Pendidikan, Pesantren
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hamdan Adib sdr
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:14
Last Modified: 28 Oct 2021 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11920

Actions (login required)

View Item View Item