strategi pengembangan BMT Berdasarkan Analisis SWOT di Kantor Layanan BMT Dana Mentari Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok

Dewi, Ernawati (2021) strategi pengembangan BMT Berdasarkan Analisis SWOT di Kantor Layanan BMT Dana Mentari Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skkripsi Dewi Ernawati 1717202008 Perbankan Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi pengembangan sangat penting dalam suatu perusahaan termasuk BMT Dana Mentari Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas yang memberikan pelayanan produk. Setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan untuk tetap bertahan, mampu bersaing dan terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan BMT Dana Mentari melalui analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dengan manager di Kantor Layanan BMT Dana Mentari Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Selain metode wawancara, penulis juga menggunakan metode observasi untuk memperdalam data yang didapat serta penggunaan kuesioner metode ini dimaksudkan untuk mencari data berupa angka mengenai tingkat urgensi dari objek yang diteliti. Data sekunder diperoleh melalui literatur dan dokumentasi BMT Dana Mentari Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan reduksi data untuk memilah dan memilih menyederhanakan data, Setelah proses reduksi data, maka langkah selanjutnya adalah menyajikan data, penyajian data digunakan untuk mengumpulkan informasi yang disusun berdasar kategori atau pengelompokan yang diperlukan kemudian dianalisis menggunakan metode SWOT. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa, strategi pengembangan di Kantor Layanan BMT Dana Mentari Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas berada di kuadran 1 yakni mendukung stategi agresif (SO) dengan melakukan beberapa strategi yakni (1) Meningkatkan dan mempertahankan produk dan kualitas pelayanan (2) Penetrasi Pasar (3) Meningkatkan fasilitas transaksi yang ada di BMT (4) Menerapkan digital marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan BMT, Analisis SWOT
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Dewi Ernawati sdri
Date Deposited: 26 Oct 2021 23:22
Last Modified: 26 Oct 2021 23:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11807

Actions (login required)

View Item View Item