KONSEP DAN STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA CILEMPUYANG DI MASA PANDEMI (STUDI DESKRIPTIF ANALITIS PEMANFAATAN DANA DESA)

Ismiyati, Ismiyati (2021) KONSEP DAN STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA CILEMPUYANG DI MASA PANDEMI (STUDI DESKRIPTIF ANALITIS PEMANFAATAN DANA DESA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ISMIYATI_KONSEP DAN STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA CILEMPUYANG DI MASA PANDEMI (STUDI DESKRIPTIF ANALITIS PEMANFAATAN DANA DESA).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Desa Cilempuyang memiliki Tipologi persawahan, perladangan, perkebunan, peternakan, dan lainnya Pemerintah Desa Cilempuyang terus melakukan pemadatan karya melalui program Padat Karya Tunai (Program PKT) dan Fisik seperti pembangunan. Pentingnya penelitian ini dilakukan adalah Desa Cilempuyang merupakan salah satu desa yang menjadi sasaran dari program pemberdayaan dana desa. Desa Cilempuyang mengalami peningkatan dalam bidang ekonomi meliputi sarana dan prasarana yang memadai dari tahun-tahun sebelumnya, mata pencaharian yang semakin berkembang dan kualitas sumber daya manusia yang semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif analitis. Objek dari penelitian ini adalah konsep dan strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Cilempuyang melalui pemanfaatan dana desa . Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta gabungan dari keduanya atau triangulasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Cilempuyang melalui pemanfaatan dana desa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa konsep pemberdayaan ekonomi yang digunakan oleh Desa Cilempuyang yaitu menggunakan pendekatan mix antara pendekatan atas-bawah dan bawah-atas. Sedangkan, untuk strategi yang digunakan oleh Desa Cilempuyang adalah strategi Tradisional. Pemberdayaan Ekonomi di Desa Cilempuyang selain adanya pembangunan secara fisik juga terdapat program-progam pemberdayaan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian, salah satunya melalui keterampilan diantaranya program penyelenggaraan informasi publik, program sosialisasi, program pemeliharaan, program pelatihan, program pengembangan pariwisata tingkat desa, program Kampung KB, serta program tambahan terkait Pandemi Covid-19. Sehingga pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Cilempuyang sesuai pengamalannya terhadap Surah Ali-Imran ayat 92 dan dengan adanya peningkatkan ekonomi diantaranya fasilitas dan keterapilan, maka sesuai pengamalan Surah al-Hajj ayat 41 serta pemberdayaaan ekonomi masyarakat Desa Cilempuyang sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya sehingga sesuai dengan pengamalan Surah al-Mulk ayat 3-4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep dan Strategi, Pemberdayaan Ekonomi, Dana Desa
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic Institutions
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ismiyati Ismiyati sdri
Date Deposited: 26 Oct 2021 22:15
Last Modified: 29 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11805

Actions (login required)

View Item View Item