ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DI RA DIPONEGORO 14 SIDABOWA

DEFI, TRI WIJAYANTI (2021) ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD DI RA DIPONEGORO 14 SIDABOWA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Defi Tri Wijayanti_Analisis Kompetensi Guru PAUD di RA Diponegoro 14 Sidabowa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam lembaga pendidikan, Guru adalah peran utama dalam pembangunan pendidikan. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang baik dan berkualitas. Dalam peranya sebagai guru harus mempunyai kompetensi, diantaranya ada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik adalah Kemampuan dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi wawasan guru terhadap landasan pendidikan, memahami keberagaman peserta didik, mampu dalam mengembangkan strategi pembelajaran berdasarkan standar kompetensi. Kompetensi profesional merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan kewajibanya didalam pekerjaannya maupun diluar pekerjaannya. Seorang guru akan disebut sebagai guru profesional jika ia mampu menguasai keahlian dan keterampilan teoritik dan praktik dalam proses pembelajran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru di RA Diponegoro 14 Sidabowa. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggnakan metode wawancara, observasi terhadap kegiatan guru di Sekolah, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru PAUD di RA Diponegoro 14 Sidabowa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Kompetensi Pedagogik di RA Diponegoro 14 Sidabowa yaitu guru sudah sesuai dengan standar kompetesi. Yaitu sebagaiamana guru sudah 1. Menguasai materi yang akan diajarkan kepada anak didik, 2. Menguasai metode-metode pembelajaran, 3. Menguasai dalam pengelolaan kelas, 4. Penguasaan standar kompetensi guru, 5. Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran, 6. Kemampuan guru dalam berinteraksi dengan anak didik pada saat pembelajatan. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, RA Diponegoro 14 Sidabowa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, RA Diponegoro 14 Sidabowa
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Defi Tri Wijayanti sdri
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:11
Last Modified: 28 Oct 2021 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item