INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DI MADRASAH WUSTHO KARANGSUCI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO

Biqih, Zulmy (2021) INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DI MADRASAH WUSTHO KARANGSUCI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Biqih Zulmy_Integrasi Sistem Pendidikan Nasional dengan Sistem Pendidikan Pesantren di Madrasah Wustho Karangsuci Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Integrasi sistem pendidikan nasional yang terintegrasi dengan sistem pendidikan pesantren belum banyak dilakukan oleh pesantren-pesantren pada umumnya, mengingat tidak semua pesantren memiliki lembaga pendidikan formal. Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci melalui Madrasah Wustho Karangsuci menerapkan integrasi sistem pendidikan nasional dengan sistem pendidikan pesantren yang mempunyai orientasi agar santri tidak hanya menguasai ilmu agama tetapi juga menguasai dan berperan dalam ilmu umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan integrasi sistem pendidikan nasional dengan sistem pendidikan pesantren di Madrasah Wustho Karangsuci Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci mulai dari proses integrasi, bentuk integrasi dan faktor pendukung dan penghambat integrasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawanacara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan lalu kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, proses integrasi sistem pendidikan nasional dengan sistem pendidikan pesantren di Madrasah Wustho Karangsuci dilatar belakangi amanah sistem pendidikan nasional dan kebutuhan masyarakat. Dalam proses integrasi dimulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evalauasi. Kedua, bentuk integrasi sistem pendidikan nasional dengan sistem pendidikan pesantren di Madrasah Wustho Karangsuci terjadi dalam bentuk integrasi kurukulum pendidikan, integrasi metode pembelajaran, dan integrasi habituasi peserta didik. Dalam integrasi habituasi peserta didik dilaksanakan dengan habituasi kegiatan religius, habituasi lingkungan belajar dan habituasi kemandirian dan kewirausahaan. Ketiga, faktor pendukung integrasi sistem pendidikan nasional dengan sistem pendidikan pesantren di Madrasah Wustho Karangsuci Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokerto diuraikan dalam faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten, kurikulum terintegrasi, sarana dan prasarana yang memadai dan lingkungan pendidikan yang edukatif dan islami. Faktor eksternal letak pesantren yang strategis, hubungan wali santri yang kuat dan alumni pesantren yang solid. Sementara faktor yang menghambat sumber belajar mata pelajaran umum yang belum memadai, gaji SDM dibawah standar dan konsep integrasi yang belum sepenuhnya belum dipahami oleh wali santri. Kata Kunci: Integrasi, Integrasi Sistem Pendidikan, Integrasi Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Biqih Zulm Biqih Zulmy sdri
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:57
Last Modified: 27 Oct 2021 08:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11764

Actions (login required)

View Item View Item