PEMBENTUKANKEPRIBADIAN MUSLIM DI YAYASAN SOSIAL PANTI ASUHAN PUTRI DARUL HADLONAH PURWOKERTO

Hesti Tiyasih Anggraeni, NIM. 092331100 (2014) PEMBENTUKANKEPRIBADIAN MUSLIM DI YAYASAN SOSIAL PANTI ASUHAN PUTRI DARUL HADLONAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Hesti Tiyasih Anggraeni_PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM DI YAYASAN SOSIAL PANTI ASUHAN PUTRI DARUL HADLONAH PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembentukan Kepribadian Muslim Di Panti Asuhan Putri Darul Hadlonah Purwokerto yang terkait dengan aspek-aspek kepribadian muslim, ciriciri kepribadian muslim, faktor yang mempengaruhi kepribadian muslim, dan metode pembentukan kepribadian muslim di Yayasan Sosial Panti Asuhan Putri Darul Hadlonah. Latar belakang skripsi ini adalah panti asuhan pengganti peran orang tua dalam memenuhi kebutuhan mental dan sosial pada anak asuh, agar mereka nantinya memiliki kesempatan yang luas dalam masa pertumbuhan mereka. Kemudian penanaman nila-nilai agama juga sangat penting, karena itu pembentukan kepribadian muslim anak harus segera dibentuk dengan berbagai cara pastilah panti asuhan Darul Hadlonah akan mengupayakan. Mengingat di zaman sekarang ini, moral anak-anak semakin rendah maka dari itu, pembentukan kepribadian muslim ini diupayakan agar mereka mempunyai fondasi keberagamaan yang kuat dan kokoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Panti Asuhan Putri Darul Hadlonah Purwokerto. Informan kunci dalam penelitian adalah pengasuh panti asuhan Darul Hadlonah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan observasi partisipatif pasif dalam menggali data atau informasi. Penulis menggunakan model wawancara tak terstruktur dalam mencari data. Wawancara ini penulis gunakan karena penulis terlibat langsung dengan subyek penelitian agar mendapatkan informasi yang lebih detail bagaimana pembentukan kepribadian muslim di panti asuhan ini. Sedangkan metode dokumentasi penulis gunakan untuk memperoleh data-data berupa dokumen sejarah berdirinya panti asuhan, data-data anak asuh, struktur kepengurusan, juga foto-foto kegiatan yang ada di panti asuhan. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan dua tekhnik saja yaitu dengan sumber dan teori. Triangulasi sumber dilakukan melalui wawancara dengan sumber data anak asuh contohnya untuk mengetahui gambaran umum panti dan kegiaan-kegiatan yang ada di panti kemudian menanyakan kembali hasil wawancara tersebut dengan melalukan wawancara lagi dengan pengasuh panti. Kemudian Triangulasi metode digunakan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai macam teknik. Misalanya, penulis melakukan wawancara dan juga dokumentasi untuk mengetahui kevalidan data yang dihasilkan dari masing-masing metode pengumpulan tersebut. Panti asuhan sebagai lingkungan utama anak asuh dimana nantinya mereka akan diberi pendidikan yang layak baik di sekolah, di masyarakat juga di dalam panti itu sendiri. Semua itu demi terwujudnya pembentukan kepribadian muslim bagi anak asuhnya, itu dibuktikan dengan pembiasaan yang baik, pemberian ketedanan yang baik, juga dengan nasihat yang tak pernah terlupakan di setiap harinya baik berupa sanjungan, motivasi ataupun teguran. Kata kunci: Pembentukan, Kepribadian, Muslimdan Panti Asuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 15 Sep 2016 07:51
Last Modified: 15 Sep 2016 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item