Novenda, Astuti (2021) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDNAG KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
NOVENDA ASTUTI EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDNAG KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA..pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika yang dilaksanakan masih berpusat pada guru (teacher center), dan hasil belajar siswa belum maksimal. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar metode pembelajaran Snowball Throwing dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design yang diterapkan pada Nonequivalent Control Group Design karena kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak dipilih secara random melainkan peneliti menerima apa adanya kelas yang sudah ada. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok penelitian yaitu kelompok kontrol yang tidak menggunakan pembelajaran Snowball Throwing sedangkan kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran Snowball Throwing. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa nilai siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional serta terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 72,25 dan kelas kontrol 64,16. Sedangkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 0,25 yang termasuk dalam kategori rendah dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,44 yang termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada uji T data N-Gain diperoleh nilai signifikansi < taraf signifikansi (0,014 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang lebih baik dan signifikan metode pembelajaran Snowball Throwing dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III materi hubungan antar satuan dan waktu Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Novenda Astuti sdri |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 03:17 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:17 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11573 |
Actions (login required)
View Item |