Danu Tri Kusuma, 102338098 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE FORMAT DAN STRUKTUR AL-QUR’AN (FSQ) FORMAT 18 BARIS DI MAJELIS MONGGOH MAOS PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (684kB) | Preview |
|
Text
DANU TRI SUKMA_PENERAPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena maraknya kajian tafsir yang terjadi ditengah umat Islam, dan masyarakat masih banyak yang luput dari pemahaman al-Qur’an mengenai mengenal jumlah ayat, surat dalam al-Qur’an dan makna huruf ‘Ain atau tanda ruku’ yang ada dalam sisi halaman al-Qur’an. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya deskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan dalam menganalisis menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan Data reduction, Data display, dan Conclusion Drawing. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mmengetahui dan mendapat gambaran tentang Bagaimana penerapan pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode format dan struktur al-Qur’an (fsq) format 18 baris di majelis monggoh maos purwokerto. Yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yaitu penerapan penerapan pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode format dan struktur al-Qur’an (fsq) format 18 baris dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah pendidik/ustadz yang dimana menerapkan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Penerapan pembelalajaran al-Qur’an dimajelis monggoh maos ini mengkaji al-Qur’an dari sisi format dan strukturnya. Penerapan pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode format dan struktur al-Qur’an (fsq) format 18 baris di majelis monggoh maos purwokerto yang dilakukan mulai dari ustadz mengucapkan salam dan membaca atau tadarus al-Qur’an berikut menghayati terjemahannya. Kegiatan yang dilakukan ustadz adalah dalam penyampaian materi tentang shalat, waktu shalat dan gerakan shalat dengan menggunakan unsur simbolik al-Qur’an, yaitu membongkar sisi-sisi huruf dan angka, pengkorelasian antar surat yang terjalin satu sama lain ke dalam suatu formulasi yang sistematik. Ustadz memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk ikut serta memaparkan hasil pembelajaran yang sudah diterangkan sebelumnya dan ustad pula membuka kesempatan bagi peserta didik/jamaah yang yang belum memahami untuk melontarkan pertanyaanya. Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Format dan Struktur Al-Qur’an (FSQ) Format 18 Baris
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.343 Majelis Ta'lim |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 07:15 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 07:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1152 |
Actions (login required)
View Item |