PENANAMAN KARAKTER CINTA TANAH AIR, SEMANGAT KEBANGSAAN, DAN PEDULI LINGKUNGAN DI SMP MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Eli, Choeriyah (2021) PENANAMAN KARAKTER CINTA TANAH AIR, SEMANGAT KEBANGSAAN, DAN PEDULI LINGKUNGAN DI SMP MA'ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Eli Choeriyah_Penanaman Karakter Cinta Tanah Air, Semangat Kebangsaan, dan Peduli Lingkungan di SMP Ma'arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pendidikan di Indonesia. Pendidikan karakter merupakan dasar untuk membentuk karakter bangsa yang berkualitas. Pendidikan karakter akan melahirkan pribadi-pribadi unggul yang tidak hanya memiliki kemampuan kognitif saja namun memiliki karakter yang baik. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal, mempunyai tugas untuk melakukan pembentukan karakter terhadap peserta didiknya. Upaya penanaman karakter cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan peduli lingkungan menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis upaya penanaman nilai karakter cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan peduli lingkung di SMP Ma’arif NU 1 Cilongok baik di dalam pembelajaran ataupun di luar kegiatan pembelajaran, melalui strategi: 1) Keteladanan; 2) Kedisiplinan; 3) Pembiasaan; 4) Menciptakan Suasana yang Kondusif; 5) Integrasi dan Internalisasi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa bentuk upaya penanaman karakter cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan peduli lingkungan di SMP Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas dilaksanakan melalui kegiatan di dalam pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran guru mengintegrasikan materi pembelajaran dengan nilai karakter yang terdapat di dalamnya. Sedangkan, di luar proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan sekolah seperti upacara bendera, tamanisasi, ekstrakurikuler pramuka, dan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Cinta Tanah Air, Karakter Semangat Kebangsaan, Karakter Peduli Lingkungan.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Eli Choeriyah
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:37
Last Modified: 15 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item