MANAJEMEN PEMASARAN UMKM PRODUK TEMPE PADA MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PADA UMKM PRODUK TEMPE DUSUN CIPICUNG,DESA BENGBULANG,KEC.KARANGPUCUNG,KAB.CILACAP

Meta Rizqi, Nur Utami (2021) MANAJEMEN PEMASARAN UMKM PRODUK TEMPE PADA MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PADA UMKM PRODUK TEMPE DUSUN CIPICUNG,DESA BENGBULANG,KEC.KARANGPUCUNG,KAB.CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Meta Rizqi Nur Utami_ES_1717201160.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

UMKM Produk Tempe merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang industri pangan yang memproduksi tempe dengan bahan dasar kedelai impor berkualitas. Terdapat 3 UMKM tempe yaitu UMKM tempe milik Ibu Dasiti, Ibu Amyati, dan Ibu Napsiah yang terletak di Dusun Cipicung, Desa Bengbulang. Di masa pandemi covid-19 ini harga kedelai terus melonjak sehingga ketiga UMKM tempe kewalahan dalam menghadapinya. Ketiga UMKM tempe telah menerapkan manajemen pemasaran yaitu perencanaan pemasaran, implementasi pemasaran, dan pengendalian/ evaluasi kegiatan pemasaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan di ketiga UMKM tempe Dusun Cipicung, Desa Bengbulang, Kec. Karangpucung, Kab. Cilacap. Penulis menggunakan teknik analisis data yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen pemasaran pada 3 UMKM tempe, mereka menerapkan manajemen pemasaran yaitu perencanaan pemasaran, implementasi pemasaran, dan pengendalian/ evaluasi kegiatan pemasaran. Selama pandemi covid-19 ketiganya ada yang mengalami penurunan produksi dan kesulitan dalam pemasarannya namun ada juga yang mengalami kenaikan permintaan, namun ketiganya mampu bertahan saat pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Pandemi Covid-19
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Meta Rizqi Nur Utami sdri
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:54
Last Modified: 07 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11442

Actions (login required)

View Item View Item