“Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi di SD Negeri 5 Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas Tahun Pelajaran 2015/ 2016”.

Heni Purwaningsih, 1223301046 (2016) “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi di SD Negeri 5 Arcawinangun Purwokerto Timur Banyumas Tahun Pelajaran 2015/ 2016”. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
HENI PURWANINGSIH_PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat sehingga negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel). Selama ini anak-anak yang memiliki perbedaan kemampuan disediakan fasilitas pendidikan khusus yang disesuaikan dengan derajat dan jenis difabelnya. Sekolah itu disebut Sekolah Luar Biasa (SLB). Seiring dengan berkembangnya tuntutan dari kelompok-kelompok difabel, maka kemudian muncul konsep pendidikan inklusi dimana sekolah mengintegrasikan siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dalam satu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI pada kelas inklusi di SD Negeri 5 Arcawinangun. Pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan mulai bulan April 2016 di SD Negeri 5 Arcawinangun. Teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, dan guru pembimbing khusus. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas inklusi meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Langkah-langkah yang dilakukan sebelum menyusun program pembelajaran adalah melaksanakan asesmen untuk mengetahui kebutuhan peserta didik, modifikasi kurikulum bagi siswa berkebutuhan khusus, dan penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Materi yang diajarkan sama hanya saja ada sedikit modifikasi materi untuk siswa berkebutuhan khusus. Evaluasi pembelajaran berupa tes dan non tes. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kelas Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 15 Sep 2016 01:38
Last Modified: 15 Sep 2016 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item