Afriyanti, NIM 102323067 (2016) STRATEGI PEMASARAN PAVING BLOCK PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Pada UD. Surya Tegel Cilongok). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
AFRIYANTI_STRATEGI PEMASARAN PAVING.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
UD. Surya Tegel Cilongok merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembuatan paving block. Paving block merupakan salah satu bahan bangunan yang digunakan sebagai lapisan atas struktur jalan selain aspal atau beton. Sekarang ini, banyak konsumen lebih memilih paving block dibandingkan perkerasan lain seperti beton maupun aspal. Meningkatnya minat konsumen terhadap paving karena paving merupakan konstruksi yang ramah lingkungan dimana paving dapat dimanfaatkan sebagai sarana perbaikan atau pembuatan jalan yang dapat dialiri oleh air kemudian diserap oleh tanah, pelaksanaanya yang lebih cepat, mudah dalam pemasangan dan pemeliharaan, memiliki aneka ragam bentuk yang menambah nilai estetika. Untuk terus tetap bertahan ditengah ketatnya persaingan maka UD. Surya Tegel Cilongok harus melakukan strategi pemasaran untuk terus mempertahankan para konsumen setianya mulai dari proses awal sampai proses akhir. Dalam proses awal berkaitan dengan pembuatan produk, UD Surya Tegel sangat memperhatikan kualitas produk barang produksi agar tidak mengecewakan konsumen. Dalam bukunya Nasution tentang kualitas produk dalam meningkatkan daya saing produk yang harus memberi kepuasan kepada konsumen dengan kualitas produk dari konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi pemasaran Paving Block UD. Surya Tegel Cilongok perspektif ekonomi Islam?”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif, di mana penyusun mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan pemilik dan karyawan, observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil secara umum bahwa strategi pemasaran Paving Block UD. Surya Tegel Cilongok menurut pandangan penyusun selaras dengan konsep islam. Hal ini dibuktikan dari komponen strategi pemasaran yang meliputi kualitas produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus karena menggunakan bahan baku pilihan yang dapat menghasilkan barang yang berkualitas (dalam QS. An-Nahl ayat 114). Dalam menetapkan harga metode yang digunakan Cost-Plus Pricing dengan menjumlah total biaya ditambah keuntungan (QS. An-Nissa : 29). Serta kepuasan konsumen dilakukan dengan terus menjaga kualitas produk yang dihasilkan agar pembeli merasa puas dan pembeli akan semakin loyal pada produk yang dibuat UD. Surya Tegel Cilongok (dalam QS. Ali Imran ayat 159).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang) 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 00:43 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 00:43 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1142 |
Actions (login required)
View Item |