IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM SEBAGAI STRATEGI PEDAGANG DALAM MEMASARKAN DAGANGAN (Studi Kasus Pada Pedagang Di Pasar Manis Purwokerto)

Moh., Muflikhun (2021) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM SEBAGAI STRATEGI PEDAGANG DALAM MEMASARKAN DAGANGAN (Studi Kasus Pada Pedagang Di Pasar Manis Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
1. SKRIPSI (new) Moh. Muflikhun.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pasar semi modern memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat kelas menengah kebawah khususnya bagi pedagang dengan modal minim. Dengan merebaknya pasar modern seperti Alfamart, Indomart dan Hypermart, secara tidak langsung mengancam pedagang di pasar tradisional dan pasar semi-modern. Maka dari itulah pedagang di pasar tradisional maupun semi tradisional harus mempunyai sesuatu yang bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi hati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam dalam proses pemasaran dagangan apakah dengan menerapkan etika bisnis Islam ini, konsumen menjadi lebih loyal kepada pedagang tersebut atau biasa saja. Loyalitas inilah yang diharapkan menjadi sumber keuntungan para pedagang. Selain itu penerapan etika bisnis Islam juga diharapkan menjadi pembawa berkah pada dagangannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis data model Miles & Huberman yang dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam dalam proses pemasaran dagangan oleh para pedagang membawa nilai positif baik dari segi keuntungan maupun keberkahan dalam berdagang. Hal ini dibuktikan dengan beberapa pedagang yang mampu mengepakkan sayap bisnis dibidang lain. Berangkat dari sini, kita berharap bahwa pasar tradisional ataupun pasar semi modern bisa menjadi batu loncatan untuk melahirkan pengusaha-pengusaha yang ber-akhlakul karimah yang menerapkan etika bisnis Islam di bisnisnya. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang, Pasar Semi-Modern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang, Pasar Semi-Modern
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moh. Muflikhun
Date Deposited: 28 Sep 2021 00:11
Last Modified: 28 Sep 2021 00:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11395

Actions (login required)

View Item View Item