Implementasi Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Sebagai Strategi Bertahan dan Penerapan Syari'ah Marketing Ritel Modern (Studi Kasus: Laksana Baru Swalayan Majenang Cilacap)

Neila, Salmah (2021) Implementasi Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Sebagai Strategi Bertahan dan Penerapan Syari'ah Marketing Ritel Modern (Studi Kasus: Laksana Baru Swalayan Majenang Cilacap). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX NEILA SALMAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Laksana Baru Swalayan merupakan sebuah bisnis ritel modern yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari, pakaian, alat-alat rumah tangga, zona permainan (TimeZone), food court, dan lain sebagainya. Laksana Baru Swalayan didirikan pada tanggal 11 Juni 1991 oleh Bapak K.H Imam Subky. Laksana Baru Swalayan merupakan salah satu Swalayan/Supermarket yang cukup besar di wilayah Majenang, Cilacap. Laksana Baru Swalayan telah menerapkan strategi segmenting, targeting dan positioning sebagai strategi bertahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dandokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini dilakukan melalui uji credibility, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning yang dilakukan Laksana Baru Swalayan Majenang yaitu melakukan segmentasi dengan memilih segmen yang cukup besar dan akan menguntungkan untuk dilayani karena mencakup semua kalangan yaitu dengan mencakup kalangan atas, kalangan sederhana dan kalangan bawah dari dari segi segmentasi geografis, demografis, psikografis, dan tingkah laku. Laksana Baru Swalayan dalam menyeleksi pasar sasaran/ target pasar melakukannya dengan cara Mass￾Market Strategy Undifferentiated Marketing karena tidak membedak-bedakan setiap segmen dan penetapan program pemasaran dengan melayani seluruh segmen pasar tanpa terkecuali. Sedangkan positioning Laksana Baru Swalayan dapat diklasifikasikan menjadi posisi menurut atribut, posisi menurut manfaat, posisi menurut penggunaan/penerapan, posisi menurut pesaing dan posisi menurut harga dan kualitas. Yang mana dalam hal ini Laksana Baru Swalayan menyediakan produk selengkap mungkin, aman, higienis, berkualitas dan sesuai dengan Standard Operational Procedure Perusahaan, serta memberikan pelayanan yang terbaik sesuai prinsip perusahaan yaitu 4S (Senyum, Salam, Sapa, Santun), serta menerapkan jargon “Harga Hemat Tiap Hari” yang menjadi ciri khas Laksana Baru Swalayan. Dalam Pespektif Syari’ah kegiatan pemasaran Laksana Baru Swalayan mencontoh/ meneladani sifat Rasulullah SAW dan memenuhi empat karakteristik Syari’ah Marketing sehingga Laksana Baru Swalayan jika ditinjau dari perspektif islam sudah layak atau sesuai dengan perspektif syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Strategi Bertahan, Syariah Marketing, Ritel Modern
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Neila Salmah sdr
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:14
Last Modified: 27 Sep 2021 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item View Item