PEMANFAATAN GAME EDUKASI MARBEL ANGKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI DESA KARANGNANAS KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Sinta, Miftakhul Janah (2021) PEMANFAATAN GAME EDUKASI MARBEL ANGKA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI DESA KARANGNANAS KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_ Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sinta Miftakhul Janah_Pemanfaatan Game Edukasi Marbel Angka berbasis Android sebagai Media Pengenalan Angka pada Anak Usia Dini di Desa Karangnanas Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengenalan angka pada anak usia dini membutuhkan perantara berupa media pembelajaran agar anak dapat berkonsentrasi lebih lama dan dapat mengalihkan perhatian anak yang mudah bosan. Di masa pandemi di era globalisasi ini, salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengenalkan angka kepada anak adalah dengan memanfaatkan game edukasi berbasis android bernama Marbel Angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan game edukasi Marbel Angka berbasis android sebagai media pengenalan angka pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga jenis kegiatan analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan game edukasi Marbel Angka berbasis android sebagai media pengenalan angka pada anak usia dini di Desa Karangnanas dapat mengenalkan angka pada anak dengan melalui tiga penerapan. Pertama, pra pengenalan angka yang dilakukan dengan mendownload game edukasi Marbel Angka kemudian memberikan arahan dan penjelasan tentang manfaat belajar menggunakan game Marbel Angka, dilanjut meminta anak untuk mencoba permainan yang ada pada game edukasi Marbel Angka. Kedua, pelaksanaan pengenalan angka dilakukan dengan pendampingan ketika anak menggunakan game edukasi Marbel Angka disertai pemberian pemahaman sedikit demi sedikit mengenai angka, kemudian meminta anak untuk menunjukkan angka yang disebutkan oleh orang tuanya. Ketiga, pasca pengenalan angka dilakukan setelah anak menggunakan Game Edukasi yaitu dengan melakukan pendalaman materi mengenai angka yang sudah dipelajari menggunakan aplikasi Game Edukasi Marbel Angka. Dalam mengenalkan angka pada anak usia dini menggunakan game edukasi Marbel Angka menununjukkan beberapa kelebihan yaitu menumbuhkan rasa ingin tahu dan kreativitas anak, serta menjadikan proses belajar menjadi menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Android, Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Game edukasi, Pengenalan Angka
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sinta Miftakhul janah
Date Deposited: 26 Sep 2021 05:43
Last Modified: 26 Sep 2021 05:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item