UPAYA GURU MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MIN 1 PURBALINGGA

Naili Ajrotun, Najah (2021) UPAYA GURU MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MIN 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Abstrak_Daftar Isi_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Naili Ajrotun Najah_Upaya Guru Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di MIN 1 Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang baru di Indonesia sebagai upaya untuk memenuhi kewajiban belajar siswa selama pandemi covid-19 dan siswa diharapkan mampu belajar secara mandiri di rumah. Adanya pembelajaran daring ini kesiapan guru menjadi hal penting dalam proses belajar mengajar untuk membimbing siswa agar tidak jenuh belajar dan tetap memiliki semangat belajar. Guru memanfaatkan pembelajaran daring ini sebagai upaya untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Siswa yang memiliki kemandirian belajar mampu mengerjakan sendiri sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawabnya dan tidak mudah bergantung pada orang lain dalam belajar serta memiliki inisiatif sendiri untuk belajar tanpa adanya paksaan dari orang lain. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana upaya guru menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring di MIN 1 Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini yaitu penulis ingin menganalisis upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring di MIN 1 Purbalingga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan bersifat kualitatif deskriptif dengan peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan sebagai subjek penelitian yaitu guru kelas 3A di MIN 1 Purbalingga, dengan menggunakan metode purposive sampling menentukan 10 orang tua siswa kelas 3A di MIN 1 Purbalingga dengan kriteria pendidikan terakhir orang tua minimal SLTP sederajat dan 10 siswa kelas 3A MIN 1 Purbalingga. Objek pada penelitian ini yaitu upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa selama pembelajaran daring di MIN 1 Purbalingga. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian tentang upaya guru menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran daring di MIN 1 Purbalingga, diketahui bahwa guru megupayakan kemandirian belajar siswa dengan memberikan pemahaman yang positif, mendidik anak untuk terbiasa tertib, memberikan permainan yang sesuai, memberikan pilihan kepada anak, membiasakan untuk berperilaku sesuai dengan tata krama dan memberikan motivasi agar anak tidak bermalas-malasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kemandirian Belajar Siswa, Pembelajaran Daring
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Naili Ajrotun Najah
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:57
Last Modified: 15 Oct 2021 04:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11338

Actions (login required)

View Item View Item