Riska, Fatmawati (2021) POLA PENGAWASAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
RISKA FATMAWATI_POLA PENGAWASAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (968kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia mengharuskan diberlakukannya pembelajaran daring atau online di rumah masing-masing siswa. Dengan begitu, guru tidak dapat melakukan pengawasan terhadap kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi secara langsung. Padahal dalam kondisi tersebut, perlu sekali adanya pengawasan oleh guru guna mengarahkan siswa agar tetap mematuhi aturan yang ditetapkan selama pembelajaran daring sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh pemahaman makna terkait pola pengawasan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola pengawasan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon yaitu dengan melakukan pola pengawasan secara langsung oleh guru kelas 2 Bilingual itu sendiri dan kerja sama antara orang tua atau wali murid melalui sarana online virtual dan online non virtual. Adapun kedisiplinan siswanya yaitu masih terdapat siswa yang terlambat dalam mengumpulkan tugas. Faktor penghambatnya meliputi kurangnya kesadaran dalam diri siswa akan kedisiplinan, tidak ada yang membimbing dan mendampingi ketika belajar, siswa mulai bosan dengan pembelajaran daring, tidak semua siswa memiliki handphone pribadi dan waktu pengumpulan tugasnya fleksibel. Upaya yang dilakukan dalam pola pengawasan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada masa pandemi yaitu meningkatkan koordinasi antara sesama guru di kelas 2 Bilingual, koordinasi atau kerja sama dengan orang tua atau wali siswa, dan pembiasaan dan nasihat. Sedangkan kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring, kelebihannya yaitu guru dan siswa menjadi lebih melek teknologi, tersedianya berbagai fasilitas internet untuk belajar, waktu dan tempat lebih efektif sedangkan kekurangannya yaitu tidak semua siswa memiliki fasilitas internet, dan guru tidak dapat memantau kepribadian siswa secara langsung. Kata Kunci : Pola Pengawasan, Guru, Kedisiplinan Belajar, Siswa, Pandemi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Pengawasan, Guru, Kedisiplinan Belajar, Siswa, Pandemi |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Riska Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 03:35 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 03:35 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11327 |
Actions (login required)
View Item |