IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTS N 2 BANJARNEGARA

Afif Najib, Maulana (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTS N 2 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Afif Najib Maulana_Implementasi Metode Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs N 2 Banjarnegara-Copy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang implementasi metode pembelajaran daring mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VIII di MTs N 2 Banjarnegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran daring serta faktor yang pendorong serta penghambatnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan mengamati sebuah peristiwa (deskripsi). Analisa data dilakukan melalui reduksi data, pemyajian data, dan kesimpulan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi metode pembelajaran daring di MTs N 2 Banjarnegara semua guru menggunakan metode pembelajaran daring sinkron (serempak) yaitu aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran. Aplikasi ini sejalan dengan karakteristik pembelajaran daring yaitu interaktivitas kemandirian, aksesibilitas, serta pengayaan dan aplikasi tersebut. Selain itu orangtua dapat mengawasi serta memantau langsung proses pembelajaran sehngga meminimalisir siswa membuka situs yang tidak seharusnya. Dalam tahap pengevaluasian guru memberikan latihan soal dan kemudian mengoreksi jawaban siswa dan mengambil nilai sesuai hasil pekerjaan siswa. Implementasi pembelajaran daring di MTs N 2 Banjarnegara berjalan dengan baik, hal ini dilihat dari respon siswa dan hasil belajar siswa yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Pembelajaran Daring
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.9 Peta Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afif Najib Maulana
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:44
Last Modified: 09 Sep 2021 08:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11259

Actions (login required)

View Item View Item