Peran Guru dan Orang Tua dalam Membina Pendidikan Al-Qur'an Anak di TPQ Darul Abror Watumas Purwanegara Purwokerto Utara

Nurul Umi, Solikhah (2021) Peran Guru dan Orang Tua dalam Membina Pendidikan Al-Qur'an Anak di TPQ Darul Abror Watumas Purwanegara Purwokerto Utara. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text (Karya Tulis Ilmiah)
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah)
Nurul Umi Solikhah_PERANG GURU DAN ORANGTUA DALAM MEMBINA PENDIDIKAN AL QUR-AN ANAK DI TPQ DARUL ABROR WATUMAS PURWANEGARA PURWOKERTO UTARA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman, nilai dan norma anak semakin merosot sehingga perlu adanya pembinaan pendidikan agama dari orang tua di rumah dan guru di lembaga pendidikan. Agar anak dapat membentengi diri dari pengaruh buruk lingkungan dan tetap berperilaku baik sesuai ajaran agama (Al-Qur’an). Orang tua yang baik akan mendidik anaknya dengan baik pula, namun pada zaman sekarang banyak orang tua yang lupa akan kewajibannya mendidik anak. Pengetahuan orang tua yang terbatas juga dapat memengaruhi cara mendidiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana peran guru dan orang tua dalam membina pendidikan Al-Qur’an anak khususnya di TPQ Darul Abror Watumas, Purwanegara, Purwokerto Utara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini, penulis menemukan hasil peran guru dan orang tua dalam membina pendidikan Al-Qur’an anak TPQ Darul Abror. Peran guru yaitu: 1). Guru sebagai fasilitator yaitu dengan menciptakan lingkungan belajar/ mengaji yang nyaman. 2). Guru sebagai motivator yaitu memotivasi anak dengan memberikan reward untuk menumbuhkan semangat mengaji anak-anak. 3). Guru sebagai pemacu yaitu guru menyediakan wadah untuk mengembangkan kreativitas anak. 4). Guru sebagai pemberi inspirasi yaitu guru menyampaikan cerita-cerita yang dapat menginspirasi anak. Sedangkan peran orang tua yaitu: 1). Memberikan pendidikan agama pada anak yaitu, orang tua menyerahkan pendidikan agama anaknya pada guru TPQ. 2). Mengawasi anak yaitu, orang tua melakukan pengawasan pada anaknya ketika di rumah. 3). Memberikan motivasi yaitu, orang tua memberikan motivasi kepada anak dengan menasehati agar mengaji, sholat, dan lain-lain. 4). Menjalin komunikasi yaitu orang tua mendengarkan anak ketika bercerita tentang kegiatan yang telah dilakukan. 5). Mendampingi anak yaitu, orang tua berperan mendampingi anaknya ketika belajar di rumah. Kata Kunci: Peran Guru dan Orang Tua, Pendidikan Al-Qur’an, Anak, TPQ Darul Abror.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru dan Orang Tua, Pendidikan Al-Qur’an, Anak, TPQ Darul Abror
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Nurul Umi Solikhah
Date Deposited: 08 Sep 2021 06:45
Last Modified: 08 Sep 2021 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item