ANALISIS KONDISI EKONOMI DAN SOSIAL PADA PEKERJA PEREMPUAN DI HOME INDUSTRY (Studi Kasus Para Pekerja Perempuan di Home Industry Piring Lidi Legus di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas)

Ika, Alinda (2021) ANALISIS KONDISI EKONOMI DAN SOSIAL PADA PEKERJA PEREMPUAN DI HOME INDUSTRY (Studi Kasus Para Pekerja Perempuan di Home Industry Piring Lidi Legus di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL IKA ALINDA.print.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Antusiasme ibu rumah tangga di sekitar home industry Piring Lidi Legus untuk bekerja tentunya didasari oleh beberapa faktor, yaitu penghasilan suami yang tidak menentu, jumlah tanggungan anggota keluarga dan jam kerja yang fleksibel. Ketika suami telah memasuki pasar kerja namun belum bisa memenuhi semua kebutuhan keluarganya, maka akan lebih banyak anggota keluarga yang akan dimasukkan ke pasar kerja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pemilik home industry serta para pekerja perempuan di home industry tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan home industry Piring Lidi Legus memberikan dampak yang positif bagi perekonomian para pekerjanya, mereka dapat membantu suaminya memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan tanggungan keluarga dari penghasilannya sebagai pengrajin yang menunjukkan peningkatan kondisi ekonomi menjadi lebih baik. Selain itu, kondisi sosial pekerja perempuan home industry Piring Lidi Legus mengalami peningkatan setelah adanya home industry sebagai pekerjaan sampingan bagi mereka dan tempat pendidikan nonformal yang dapat meningkatkan status sosial diantara mereka. Kata kunci : Pekerja Perempuan, Kondisi Ekonomi dan Sosial, Keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pekerja Perempuan, Kondisi Ekonomi dan Sosial, Keluarga
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ika Alinda
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:36
Last Modified: 06 Sep 2021 03:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11213

Actions (login required)

View Item View Item