DINAMIKA PEMENUHAN KEBUTUHAN FISIOLOGIS KELUARGA YANG BARU MENIKAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BEDAGAS RW 05

Dikka, Kalista Fristania (2021) DINAMIKA PEMENUHAN KEBUTUHAN FISIOLOGIS KELUARGA YANG BARU MENIKAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BEDAGAS RW 05. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dikka Kalista Fristania_Dinamika Pemenuhan Kebutuhan Fisiologis Keluarga Yang Baru Menikah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Bedagas RW 05.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu karena adanya pandemi Covid-19 yang merubah berbagai kehidupan pada masyarakat. Terutama dalam sektor ekonomi rumah tangga. Bagi keluarga yang baru menikah merupakan masa yang cukup sulit dalam memenuhi kebutuhan fisiologis keluarga. Dengan adanya kebijakan pemerintah terkait PPKM semakin mempersulit ruang gerak masyarakat terutama bagi keluarga yang baru menikah tersebut. Karena dengan adanya pandemi menimbulkan pengurangan jam kerja karyawan, karyawan yang diliburkan atau dirumahkan bahkan di PHK sehingga menimbulkan permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan fisiologis keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan cara pemenuhan kebutuhan fisiologis keluarga yang baru menikah pada masa pandemi Covid-19 di Desa Bedagas RW 05 Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu terdiri dari tiga keluarga yang baru menikah di Desa Bedagas RW 05. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya dinamika dalam pemenuhan kebutuhan fisiologis keluarga yang terdiri dari kebutuhan makan dan minum, pakaian, istirahat, seks, dan tempat tinggal. Dalam pemenuhannya pun dilakukan dengan cara yang berbeda karena kondisi masing masing subjek yang berbeda pula. Cara yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan fisiologis antara lain berhemat, yaitu dengan membeli kebutuhan-kebutuhan pokok sesuai dengan keuangan yang ada dalam rumah tangga, mengatur keuangan rumah tangga dengan membeli barang-barang yang sifatnya mendesak dan merupakan kebutuhan primer bagi kelangsungan hidup. Cara lain dalam memenuhi kebutuhan fisiologis keluarga yaitu dengan tetap bekerja di masa pandemi Covid-19. Subjek SR dan IRF tetap bekerja di sektor yang sedang mereka tekuni saat ini meskipun pendapatan menurun setelah adanya pandemi Covid-19. Bagi subjek ANS harus cekatan dalam memilih alternatif agar kebutuhan fisiologis keluarganya tetap terpenuhi. Dengan demikian maka terlihat jelas adanya dinamika atau perubahan yang terjadi akibat adanya pandemi Covid-19 dan kebijakan PPKM yang di keluarkan oleh pemerintah karena diantara ketiga subjek mengalami kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan fisiologisnya yang disebabkan oleh perubahan drastis dari hasil yang mereka dapatkan selama bekerja di masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kebutuhan Fisiologis, Keluarga, Menikah, Pandemi Covid-19
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dikka Kalista Fristania sdri
Date Deposited: 04 Sep 2021 07:05
Last Modified: 04 Sep 2021 07:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11175

Actions (login required)

View Item View Item