KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN DALAM BUKU PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM

Kusriatun Nur, Khasanah (2021) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN DALAM BUKU PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
KUSRIATUN NUR KHASANAH_KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN DALAM BUKU PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak merupakan amanh dari Allah SWT. Kurangnya pendidikan Islam pada anak dalam sebuah keluarga menjadi faktor rusaknya moral anak. Orang tualah yang memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak dalam keluarga. Hal ini karena orang tua menjadi pendidik yang utama dalam sebuah keluarga. Orang tua wajib menjaga, membimbing, dan mendidik anaknya dari berbagai hal yang dapat merusak akhlak dan kepribadiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam keluarga menurut Abdullah Nashih Ulwan dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan sumber data primernya yaitu buku Pendidikan Anak Dalam Islam karya Abdullah Nashih Ulwan. Dan sumber data sekundernya adalah buku buku lain yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi, dimana data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Konsep pendidikan anak dalam keluarga menurut Abdullah Nashih Ulwan Harus memperhatukan tujuh sasaran pendidikan yang harus ditanamkan dalam diri anak yaitu pendidikan keimanan, pendidikan akhlak, pendidikan fisik, pendidikan rasio/akal, pendidikan psikis, pendidikan sosial, dan pendidikan seksual. Dalam proses mendidik anak dapat dilakukan dengan berbagai metode antara lain:Metode pendidikan dengan keteledanan, pendidikan dengan kebiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan hukuman, dan pendidikan dengan perhatian/pengawasan. Materi dan metode pendidikan yang disampaikan oleh Abdullah Nashih Ulwan ini sangat relevan dengan pendidikan anak era modern sekarang ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Pendidikan Anak Dalam Islam dan Abdullah Nashih „Ulwan.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kusriatun Nur Khasanah
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:11
Last Modified: 30 Aug 2021 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item View Item