Intensitas Penggunaan Gadget, Sikap Disiplin, COVID-19

Karlina, Eka Wibowo (2021) Intensitas Penggunaan Gadget, Sikap Disiplin, COVID-19. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KarlinaEkaWibowo_KorelasiIntensitasPenggunaanGadgetdanSikapDisiplinSiswaKelas8SMPN1KarangmoncolKabupatenPurbalinggadiMasaPandemiCOVID-19.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Pada era modern seperti sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat apalagi dengan adanya musibah dunia atau pandemi COVID-19 yang berdampak juga terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Gadget menjadi salah satu sarana yang digunakan dalam pembelajaran di rumah (work from home). Dengan berbagai fitur dan kelebihan yang ada dalam gadget, gadget tentu memiliki kelemahan pula salah satunya dalam hal kedisiplinan penggunanya. Terlalu intensnya individu dalam menggunakan gadget ini akan berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari, seperti menunda-nunda pekerjaan, lupa atau lalai dengan prioritasnya, dan lain sebagainya yang mana itu semua menjadi salah satu bentuk sikap disiplin yang sering kali kita lihat. Sikap disiplin ini sebenarnya bisa dibentuk oleh diri sendiri yang harus berusaha konsisten mengarahkan hal-hal ke arah yang lebih positif dan itu semua juga tentu harus didorong oleh orang-orang sekitar terutama keluarga, lingkungan dan guru di sekolah. Penelitian bertujuan untuk (1) Mengetahui intensitas penggunaan gagdet pada siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Karangmoncol, (2) Mengetahui tingkat disiplin siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Karangmoncol, (3) Mengetahui korelasi intensitas penggunaan gagdet dengan sikap disiplin siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Karangmoncol dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Karangmoncol. Dengan sampel penelitian berjumlah 54 siswa. Sampel ini diambil dengan mengambil sampel 20% dari populasi. Kemudian menggunakan teknik probability dengan simple random sampling untuk mengambil siswa-siswa untuk data penelitian secara random. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti menggunakan Rumus Korelasi Product Moment diperoleh hasil bahwa hasil perhitungan korelasi product moment (rxy) menunjukan nilai sebesar 0,208 yang artinya berdasarkan tabel r product moment (rxy) lebih besar dengan r tabel pada N= 54 pada taraf signifikansi 0,2262. Rxy > R tabel (0,208 < 0,2262). Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan sikap disiplin siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Karangmoncol. Sehingga hipotesisnya ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Penggunaan Gadget, Sikap Disiplin, COVID-19
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat > 2x7.15 Psikologi Agama Islam
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Karlina Eka sdr
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:10
Last Modified: 28 Aug 2021 03:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11140

Actions (login required)

View Item View Item